Helo Indonesia

Musik Rebana Warnai Penutupan Ramadan Fest 2024 MAJT, Berikut Daftar Pemenangnya

Ajie - Ragam
Minggu, 31 Maret 2024 20:54
    Bagikan  
Musik Rebana Warnai Penutupan Ramadan Fest 2024 MAJT, Berikut Daftar Pemenangnya

Kegiatan penutupan Ramadan Fest 2024 di MAJT yang diwarnai paduan musik rebana dan tradisional

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pengurus Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (PP MAJT) sukses menggelar rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Ramadan 2024.

Beberapa di antaranya peringatan Nuzulul Quran di MAJT dan penutupan Ramadan Fest 2024 yang dilaksanakan Jumat 29 Maret 2024 Lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan sore hari menjelang buka puasa di MAJT ini dihadiri ratusan pengunjung dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang.

Baca juga: 10 Macam Sambal di Indonesia Menggoyang Lidah

Kegiatan diawali dengan penampilan musik islami dari SMPN 15 Semarang yang menampilkan perpaduan musik rebana dan musik tradisional.

Sekretaris MAJT KH Muhyiddin mengatakan suksesnya rangkaian acara Ramadhan 2024 ini berkat sinergi dengan berbagai pihak yang telah bekerjasama dengan MAJT.

Ia juga menyampaikan rasa terikama kasih kepada seluruh jamaah MAJT yang setiap hari hadir memeriahkan Ramadhan 2024 di MAJT

"Terimkasih kami sampaikan kepada para jamaah yang telah setia datang ke MAJT, juga kepada para pihak yang turutbekerjsama dalam kegiatan ini," kata Kiai Muhyiddin.

I'tikaf

Menurut Kiai Muhyiddin, masih banyak kegiatan Ramdhan 2024 yang dilaksanakan di MAJT, seperti i’tikaf malam likuran ganjil yang akan dilakukan tanggal 1,3,5,7 dan 9 April 2024.

Baca juga: Kemenparekraf Dorong Penguatan Ekraf Nasional lewat AKI 2024

Sejalan dengan hal itu, pihaknya mengajak para jamaah untuk melaksanakan i'tikaf di MAJT sekaligus sahur bersama yang telah disediakan panitia.

Nuzulul Quran kali bersamaan dengan penutupan Kegiatan Ngabuburit Asyik dan pengumumamn pemenang Ramadan Fest 2024 yang telah digelar selama 15 hari (14-28 Maret 2024).

Ketua panitia pelaksana Prof Dr Ahmad Izzuddin MAg mengumumkan pemang Ramadan Fest Tahun 2024 dari kategori Murottal, Dai Q dan Musik Islami.

Berikut nama-nama pemenang Ramadhan Fest MAJT Tahun 2024. Kategori Murottal, Juara I diraih Fadila dari Pondok Pesantren Al-Mahfudz Weding, Demak.

Juara II diraih M Matsna Fawatihuurrozaq dari UKM BITA UIN Walisongo Semarang, dan Juara III diraih Alfian Praditama Dari Pondok Pesantren Al-Mahfudz Weding Demak.

Adapun kategori Dai Q, Juara I diraih Moh Fathul Ikhsan dari UIMSYA Blok Agung Banyuwangi, Jawa Timur.

Juara II diraih M Syahril Arifin Sutendi dari Universitas Al-Washilyah, Medan Sumatera Utara dan Juara III diraih Tika Amalia dari MAN 2 Cilacap.

Sedangkan kategori musik isami, Juara I diraih grup Rebana Modern SMPN 15, Juara II diraih musik religi SMA NU Al-Ma’ruf Kudus dan Juara III diraih grup Al-Falah SMAN 1 Mojo Tengah Wonososbo.

Total hadiah yang diterima para pemenang Rp 22 Juta serta beberapa hadiah tambahan lain, seperti vouche hotel Khas Semarang, voucher Saloka Theme Park Ungaran.

Kemudian bingkisan dari Kokola, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Unwahas, Beasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan satu tiket Jakarta – Jeddah dari Saudia Airlines.

Pada kesempatan itu juga dilakukan tanda tangan kerja sama antara Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jawa Tengah dan Fakultas Ilmu Budaya Univesitan Dian Nuswantoro.

Selanjutnya dilakukan santunan anak yatim dari BSI dan TVKU Semarang, kemudian tausiyah yang disampaikan KH Ghufron Bisri dan ditutup dengan buka puasa bersama.

Pj Bupati Kudus M Hasan Chabibi yang hadir pada kesempatan itu berpesan kepada para generasi muda agar mempu menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

"Sekarang ini zamannya serba teknologi, para pemuda dan pejar harus mamiliki kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi untuk dimanfaatkan pada hal-hal yang positif," katanya. (Aji)