bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kenali Backburner Relationship dan Cara Mengatasinya dalam Hubungan Asmara

Restiyan Ningsih - Ragam
Kamis, 30 November 2023 17:58
    Bagikan  
Backburner
Freepik

Backburner - Dalam hubungan asmara

HELOINDONESIA.COM - Pernah mendengar kata 'Backburner?' kata ini baru-baru ini kembali heboh dan trend dalam sebuah hubungan asmara.

Mengutip laman Urban Dictionary, backburner digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak penting, namun komunikasi dengannya tetap dijaga.

Dengan kata lain Backburner adalah "orang cadangan", Sebagai contoh dalam kasus Backburner relationship adalah seseorang telah memiliki hubungan resmi namun dirinya memiliki hubungan dengan orang kedua, ketiga atau bahkan keempat.

Harapannya, jika suatu saat hubungan  dengan pasangan resmi berakhir, maka orang tersebut sudah punya cadangan.

Sosok yang menjadi kedua atau ketiga yang disebut Backburner bisa langsung menggantikan posisi yang kosong tersebut.

Baca juga: Dilaporkan Curang, Pemkab Lamtim Bahas Hasil 3 Pilkades 2023

Biasanya tujuanya adalah untuk menghindari rasa kecewa jika hubungan resmi yang terjalin telah berakhir. Atau bisa jadi karena ia kesepian dan ingin bersenang-senang dengan backburner.

Ciri-ciri orang yang memiliki Backburner

Beberapa ciri-ciri yang memiliki Backburner antara lain Panik ketika ponselnya Anda pinjam, Lebih lama bekerja di kantor daripada biasanya tanpa alasan jelas, Perubahan sikap pasangan yang drastis.
Semakin sulit berbagi waktu dengan Anda, Pengeluaran meningkat tanpa alasan jelas.

Ciri-ciri anda adalah Backburner

Sementara itu ciri-ciri bisa saja anda adalah backburner antara lain, Tidak pernah diajak membicarakan masa depan, Lebih sering diajak berkomunikasi melalui media sosial, Tidak diperkenalkan dengan teman dan orang tuanya, Sering dilupakan pada waktu-waktu yang penting, Kerap mempermasalahkan hal-hal kecil.

Hubungan semacam itu jelas tidak sehat, sebab akan menimbulkan ketidakstabilan emosional untuk semua pihak yang terlibat. Apalagi bagi orang yang berada di posisi backburner, mereka akan merasa tidak dihargai.

Seorang backburner, menurut laman Hello Sehat, juga berpotensi mengalami stres. Ini bisa terjadi akibat sering mempertanyakan nilai diri.

Baca juga: Sikap Ganjar Jamin Kebebasan Pendirian Tempat Ibadah Didukung PGPI

Cara Mengatasi backburner relationship

Lalu bagaimana cara mengatasi backburner? Simak berikut ini

1. Tanyakan Langsung

Beranikan diri anda jika anda merasa bahwa anda adalah seorang backburner atau pasangan anda memiliki backbuner.

Baca juga: Sikap Ganjar Jamin Kebebasan Pendirian Tempat Ibadah Didukung PGPI

2. Kurangi Perhatian

Jika Anda merasa diperlakukan sebagai backburner, cobalah untuk berhenti mengejar atau menghubunginya lebih dulu. Kurangi juga perhatian yang Anda biasanya berikan padanya secara perlahan.

3. Jangan Memaksakan

Jangan memaksakan dirimu atau memaksakan dirinya jika kamu adalah backburner atau pasanganmu melakukan hal itu. Jika pun pasanganmu tak ingin memiliki hubungan yang serius maka relakan ia pergi.

Jika Anda merasa diperlakukan demikian, sudah saatnya keluar dari hubungan backburner.