Mantan Kabareskrim Susno Duadji Terjun ke Politik Jadi Caleg DPR, Eh Mendapat Protes

Rabu, 22 Maret 2023 17:41
mantan Kabareskrim Polri, Komjen (Purn) Susno Duadji. Terjun ke dunia politik. (Foto: Facebook: Susno Duadji).

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Kejutan. Akhirnya mantan Kabareskrim Polri, Komjen (Purn.) Susno Duadji terjun ke dunia politik. Susno Duadji yang sekarang banyak waktunya digunakan untuk bertani, dan menjadi komentator masalah kriminal, kini sudah mantab dengan parpol pilihannya. 

Bahkan sudah uji kelayakan untuk menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia sudah bulat untuk terjun menjadi caleg DPR untuk parpol PKB.

Hal itu diketahui dalam akun Instagram miliknya (susno_duadji) dan juga di Facebook. Ia mengunggah pengumuman singkat di Instagram.

?DPP PKB Jl Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat,? itu postingan pertama Susno Duadji di Instagram, untuk keterangan fotonya bersama pengurus PKB dan tokoh-tokoh yang kemungkinan juga uji kelayakan menjadi caleg.

?Aspirasi sy sbg petani kecil di kampung mau saya salurkan di Partai ini,? tulis Susno Duadji (susno-duadji) menambahkan di akun Istagramnya, kemarin.

Mantan Kabareskrim Polri, Komjen (Purn.) Susno Duadji (baju putih), uji kelayakan caleg di PKB. (Foto: Facebook/ Susno Duadji)

Susno Duadji juga mengunggah di akun Facebook, ia mengaku sebagai petani di kampong. Ia ingin menyalurkan aspirasi teman-teman petani ke Senayan (DPR).

?Sebagai petani kecil di kampung banyak aspirasi yg ingin disampaikan tentunya saya harus salurkan kpd teman-teman yg ada di Senayan, siapa tau perhatian pada pertanian dan petani tidak musiman kalau ada mau nya,? tulis Susno Duadji.  

Ia sempat menambahkan, bahwa dirinya sudah berdiskusi dengan PKB soal dunia pertanian. ?Tadi kami banyak berdiakusi tentunya tak lupa masalah pertanian dan petani,? ujarnya.

Sejumlah warganet mendoakan agar amanah, Namun, keputusannya terjun ke parpol lewat PKB ternyata mendapat protes dari sejumlah warganet. Disayangkan, kenapa masuk ke PKB, bukan ke partai yang lain.

?Sedih aku mengetahui pilhan sikap Jenderla! Kalau mengaku petani kecil, sudah sepatutnya berlabuh ke PDI-Peh,? tulis akun ucokbalkot.

Hal senada disampaikan akun @aministanamerdeka. ?Kk Susno ngape calon dari PKB Cube Masuk PDI.Perjuangan Dapil Sum Sel 1 atau Sum Sel 2 Insyallah Jadi,? tulisnya.

Warganet yang lain memberikan penjelasan, kenapa Susno masuk ke PKB. ?Beliau memiliki pertimbangan yg matang partai apa yg dia ambil.  yuk Dukung semoga dengan it Beliau bisa membantu para petani,? tulis akun @fytriedywa.

Dari Dulu Keluarga NU

Susno Duadji diketahui mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bakal Caleg yang digelar di kantor DPP PKB, Jl. Raden Saleh No. 9, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2023). 

Ia mengaku faktor keluarga yang tak lain adalah Nahdliyyin, dari dulu keluarga NU, yang memantapkan langkahnya bergabung dengan PKB.

"Saya itu memang warga Nahdliyin dari orang tua saya. Karena sebelumnya saya polisi jadi tidak boleh berorganisasi. Kenapa saya pilih PKB? Saya pilih PKB karena yang buat (mendirikan) adalah para tokoh-tokoh NU dengan tanda tangan ketua tokoh ilmu pada waktu itu, Gus Dur, kemudian pak Maruf Amin dan beberapa tokoh lainnya," kata Susno. 

Menurut Susno, PKB adalah milik NU. Karena itu ia masuk menjadi anggota PKB lantaran keluarga besarnya adalah Nahdliyyin. "Jadi PKB ini pemiliknya adalah NU. Maka saya masuk ke partai yang memang turun temurun dari orang tua saya," jelasnya.

Susno menyatakan bahwa dirinya ingin terpilih menjadi Anggota DPR RI. Ia merasa punya tanggungjawab untuk turut serta memperjuangkan masyarakat di Sumatera Selatan.

"Saya tidak ada target bahwa saya harus duduk sebagai anggota DPR RI. Saya punya tanggung jawab untuk menambah perolehan suara PKB di daerah pemilihan saya yang tadinya satu menjadi dua dan yang belum ada menjadi ada wakil. Siapapun yang jadi terserah, tak perlu harus saya," tegas Susno. (*)

(A Winoto)

Berita Terkini