Temukan Puluhan Data Ganda Bakal Caleg DKI, KPU Minta Parpol Segera Perbaiki

Jumat, 16 Juni 2023 17:46
(ist) Foto : Ist

HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menemukan puluhan data ganda bakal calon legislatif (caleg) DPRD DKI Jakarta. KPU DKI melayani perbaikan administrasi mulai 26 Juni sampai 9 Juli 2023.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya tidak menyebutkan secara pasti jumlah keseluruhan data ganda. Hanya saja, dia tidak membantah bahwa 25 data ganda tersebut termasuk artis Aldi Taher.

"Untuk perbaikan, kami buka mulai 26 Juli dan ditutup 9 Juli. Parpol bisa mendaftarkan kembali calon tersebut atau mengganti kalau yang bersangkutan juga tercatat memdaftar di parpol lainnya," kata Dody Wijaya, di Kantor KPU DKI, Kamis (16/6/2023).

Selain caleg DPRD DKI menurut Dodi, data ganda juga meliputi status ganda dalam internal parpol dan mendaftar di Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Baca juga: Mau Memberikan Ponsel untuk Anak? Ikuti 5 Tips Berikut Agar Anda Tidak Menyesal Kemudian

Secara umum, lanjut Doddy, menurut catatannya, verifikasi administrasi dari 15 Mei sampai 23 Juni sudah mencapai 99 persen dari 1.902 bacaleg, dengan rincian 1.232 laki-laki dan 670 perempuan atau 35 persen keterwakilan perempuan.

"Kami sudah 99 persen melakukan verifikasi administrasi. Kami masih melakukan klarifikasi ke instansi-instansi nanti ke depan untuj kelengkapan hingga 100 persen," kata Dody.

Berita Terkini