Jokowi Selfie Bareng Prabowo dan Ganjar, Warganet: Pesan Politiknya Jelas, Mentan Tak Dianggap

Jumat, 10 Maret 2023 18:28
Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selfie bersama saat meninjau panen raya padi di Desa Lajer, Kabupaten Kebumen, Kamis (9/3). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, HELOINDONESIA ? Viral foto selfie (swafoto) Presiden Iokowi melakukan selfie bersama Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,  saat meninjau panen raya padi di Desa Lajer, Kabupaten Kebumen, Kamis (9/3). 

Ada komentar dari netizen atau warganet, yang mempertanyakan keberadaan Menteri Pertanian (Mentan Syahrul Yasin Limpo. Pasalnya, urusan panen raya kok Mentan tidak muncul. Warganet menilai selfie bareng Jokowi, Prabowo dan Ganjar itu pesan politiknya jelas. Soal Mentan pun dinilai tidak dianggap. 

Tampak dalam foto yang dibagikan Sekretariat Presiden itu, Jokowi bersama Prabowo dan Ganjar tampak ikut dalam panen raya. Mereka menghampiri para petani yang siap memanen.

Sementara di akun twitter Jokowi, tampak foto-foto ketiga tokoh besar tersebut di tengah sawah tersebut. Presiden Jokowi dengan akun @Jokowi, menuliskan kata-kata untuk foto yang diunggah.

?Hadir di tengah sawah, berdialog dengan petani Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah yang sedang melaksanakan panen raya,? tulis Jokowi.

Komentar Warganet

Adanya tiga tokoh, Jokowi, Prabowo, Ganjar, tampil bersama dalam selfie di sawah tersebut langsung mendapat komentar dari warganet atau netizen. Mereka menilai itu menampakkan kode atau pesan politik yang jelas, tapi banyak juga yang mengkritisi, panen raya, tapi beras masih impor.

Satu warganet yang namanya ditulis pakai aksara Jawa dengan akun @soekarnoverse

 Menilai foito yang bergambar tiga tokoh bersama petani di sawah itu ada pesan politik yang jelas. Jokowi dinilainya sebagai king maker, Prabowo dan Ganjar sebagai pasangan capres dan cawapres.

?Kelihatan jelas "Pesan politik" nya. Pak Jokowi sebagai King Maker, Ganjar capres, Prabowo cawapres. Saatnya Indonesia bersatu, biarkan kadrun dungu,? tulis warganet dengan akun @soekarnoverse itu.

Tapi, bagi warganet lain tidak langsung ke setu, malah menafsirkan lain, dan sedikit pesan politiknya. ?Kemana mentan.... kok menhan yg dampingi,? tulis warganet kusuma wiryodisoerdjo dengan akun @wiryodisoerdjo.

?Mentri pertaniannya neng endi iki??? kok malah mentri pertahanan yg dimunculkan,? tulis warganet Syahli sitorus melalui akun @syahli_sitorus.

 Warganet Jhon Ronal rupanya berupaya menafsirkan tentang keberadaan Mentan Syahrul Yasin Limpo secara politis. Dia menganggap Mentan nakal, dan dia akan memecat. Namun, Mentan kini sudah tidak dianggap, makanya tidak ikut selfie.

?Pak de nakal, tak pecat menteri yg itu tapi sdh tdk di anggap. Brewok ternyata Lobby prabowo utk mewakili mentan,? tulis @JhonRonal19.

Mentan dan Brewok

Di bagian akhir itu juga menerangkan, ada lobi Brewok kepada Prabowo. Brewon kiranya mengacu kepada Surya Paloh, Ketum Partai Nasdem yang pecan lalu menemui Prabowo Subianto di Hambalang.

Kalau ditafsirkan, dia ingin mengatakan, Surya Paloh melobi Prabowo untuk mewakili Mentan dalam acara panen raya bersama Presiden Jokowi di Jateng itu.

.Tapi juga ada kritik yang ditujukan kepada Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo. Kritik ditujukan kepada Jokowi, antara lain disampaikan warganet Cemani anyus.

?Cuma pamer foto dg petani, pupuknya tetap mahal, harga gabahnya murah, berasnya tetap impor vietnam dan Thailand,? tulisnya dengan akun @Cemaniit.

Kritik kepada Ganjar Pranowo juga banyak, di antaranya disampaikan akun @javaharmony. ??Nggak ada selfie bareng di lokasi banjir kah di jateng kah?? tulisnya.

Juga oleh akun @RAndilyan. ?Aneh ya pas panen raya tiba? @ganjarpranowo  ada di jateng, tp ketika banjir melanda jateng, kok gk pernah kliatan orangnya, tp malah ada dipropinsi lain,? tulis @RAndliyan. (*)

(A Winoto)

Berita Terkini