Ribuan Warga Nahdliyin Dukung Sudaryanto – Agung Tri Jaya pada Pilkada Kabupaten Magelang 2024

Kamis, 29 Agustus 2024 14:20
Ketua PC NU Kabupaten Magelang, KH Achmad Izzuddin Andurrohman, mantan bupati Singgih Sanyoto, Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), KH Ali Qoishor dan pengurus partai pendukung, menyerahkan mandat kepada pasangan bakal calon Bupati Magelang

MAGELANG, HELOINDONESIA.COM - Ribuan warga nahdliyin tumpah ruah di komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Darus’salam, Watucongol, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu malam 28 Agustus 2024.

Mereka menghadiri istigasah dan deklarasi untuk memberikan dukungan kepada pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang, Sudaryanto dan Agung Tri Jaya, pada Pilkada 2024.

Perwakilan warga nahdliyin yang juga Ketua PCNU Kabupaten Magelang, KH Achmad Izzuddin Andurrohman (Gus Din) menyerahkan mandat dukungan kepada Sudaryanto dan Agung Tri Jaya untuk maju menjadi pasangan calon bupati dan wakil Bupati Magelang pada Pilkada 2024.

Baca juga: PDIP Usung Agustina Wilujeng - Iswar Aminuddin di Pilkada Semarang 2024

Penyerahan mandat Satu Tujuan Tri Amanah, yakni Amanah Agama, Amanah Bangsa dan Amanah Rakyat.

Hadir pada Deklarasi dukungan untuk pasangan Sudaryanto dan Agung Tri Jaya yang diusung PKB, PKS, PSI, Perindo, Partai Hanura, Partai Ummat, Partai Buruh dan Partai Garuda. Selain itu para tokoh dan kiai, jajaran struktural partai pendukung, Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), Pengasuh Ponpes Watucongol KH Ali Qoishor (Gus Ali), mantan Bupati Magelang, Ir Singgih Sanyoto yang membawa gerbong kaum nasionalis, serta para mantan pejabat di lingkungan Pemkab Magelang.

Proses Panjang

Sebelum menyerahkan mandat, Gus Din yang juga Ketua PC NU Kabupaten Magelang mengatakan, dukungan warga nahdliyin kepada calon bupati dan wakil bupati (Sudaryanto dan Agung Tri Jaya), sudah melalui proses panjang yang dilakukan secara senyap melalui tawaf untuk berkunjung ke tokoh masyarakat, terutama para kiai yang berada di lingkungan PC NU di Kabupaten Magelang, mulai dari tingkat RT, RW, ranting hingga anak cabang hingga cabang untuk menjaring nama bakal calon bupati.

Baca juga: Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Pemerintah kepada 340 Komunitas Pegiat Literasi

Begitu juga saat menjaring nama bakal calon wakil bupati, pihaknya juga bersilaturahmi dengan para tokoh nasionalis dan para mantan birokrat untuk memberikan masukan. Dari hasil tawaf itulah, akhirnya disepakati dua nama, yakni Sudaryanto dan Agus Tri Jaya.

Sudaryanto adalah politisi PKB yang berkiprah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) warga Kecamatan Grabag, Kaupaten Magelang, karena istrinya asli Grabag. Sedang Agus Tri Jaya pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kabupaten Magelang.

Menurut Gus Din, melalui pasangan Sudaryanto dan Agus Tri Jaya, warga nahdliyin bisa menyatu dalam pilihan di Pilkada 2024, satu kata, satu langkah dan satu gerakan untuk mendukung Sudaryanto dan Agung Tri Jaya. Maka bertemunya kaum nahdliyin dan kaum nasionalis ini, merupakan satu kesatuan yang nantinya bisa membangun Kabupaten Magelang.

“Kita berdoa, apa yang menjadi niat dan harapan yang lebih baik dan bermartabat, dimudahkan oleh Alloh SWT, Aamiin,” pintanya.

Sementara itu, Sudaryanto kepada wartawan mengaku siap untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024 dengan menggandeng Agung Trijaya sebagai bakal calon wakil bupati. Untuk persiapan bisa dikatakan kami siap 100 persen.

Karena, kata dia, Kabupaten Magelang merupakan kabupaten yang strategis itu perlu sentuhan-sentuhan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Magelang.

Baca juga: Deal Tiga Srikandi Bakal Bertarung Dipemilihan Gubernur Jatim 2024

Karena ada banyak sektor di Kabupaten Magelang yang masih bisa dioptimalkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Di antaranya sektor pariwisata dan pertanian. "Misalnya kita tingkatkan dari sektor pariwisata, pertanian kemudian masih banyak lagi sektor-sektor yang ada di Magelang ini," kata Sudaryanto kader PKB dan sudah 20 tahun meniti karier menjadi anggota legislatif di DIY.

Mantan Bupati Magelang, Singgih Sanyoto kepada wartawan mengatakan, dukungan pasangan Sudaryanto – Agus Tri Jaya, merupakan perpaduan antara religius nasionalis dan birokratis.

Perpaduan ini sangat baik untuk membangun Kabupaten Magelang ke depan, karena dukungan para kiai dan ulama serta kaum nasionalis sangat dibutuhkan dalam sinergitas pelaksanaan pembangunan yang berujung pada kesejahteraan rakyatnya. (Aji)

Berita Terkini