Deal Tiga Srikandi Bakal Bertarung Dipemilihan Gubernur Jatim 2024

Kamis, 29 Agustus 2024 11:45
Tiga kandidat calon gubernur-wakil gubernur Jatim 2024. istimewa

HELOINDONESIA.COM - Pilkada Jawa Timur (Jatim) dipastikan akan diikuti tiga Calon Gubernur-Wakil Gubernur dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan dan Incumbent yang sudah terlebih dahulu mendaftar di KPU Jatim, Rabu (28/8/2024).

Sementara dua pasangan lain adalah dari PKB yakni Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim dan dari calon PDIP, Tri Rismaharini dan Gus Hans (KH Zahrul Azhar Asumta).

Yang pasti Pilkada Jatim akan berlangsung seru, mengingat seluruh kandidat Calon Gubernur semuanya perempuan dari berbagai latar belakang.

Baca juga: Sah Khofifah-Emil Dardak Resmi Calon Gubernur dalam Pilkada Jatim 2024, Didukung 14 Partai

Khofifah Indar Parawansa berpengalaman di Ormas Islah dari Muslimat Nahdlatul Ulama dan birokrasi sebagai pejabat menteri dan menjabat sebagai Gubernur Jatim periode sebelumnya.

Begitu juga dengan calon gubernur dari PDIP berpengalaman sebagai pejabat birokrasi, sebagai menjadi Wali Kota Surabaya yang sukses dan Menteri Sosial Republik Indonesia.

Sementara pasangan incumbent Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak didukung oleh 15 partai politik (Parpol) dalam Pilkada 2024 mendatang.

Ke-15 partai pendukung antara lain PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Baca juga: Kekuatan Mutlak Khofifah-Emil Didukung Delapan Parpol, PKB Tak ingin Pilkada Jatim Melawan Kotak Kosong

Sementara pasangan Khofifah-Emil saat ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di Graha Amerta RSUD Dr Sutomo Surabaya pagi tadi.

Sementara untuk pasangan calon gubernur dari PKB Luluk Nur Hamidah yang merupakan politisi PKB kelahiran Jombang yang kini menjadi anggota DPR-RI daerah pemilihan Jawa Tengah IV.

Luluk Nur Hamidah, lahir 25 Juni 1971 adalah politikus PKB yang sekarang duduk di Komisi VI yang kini sedang gencar menangani kasus Pansus Haji di DPR-RI.

Sementara pasangan Tri Rismaharini menggandeng sosok Gus Hans yang merupakan penerus dari KH As'ad Umar Ponpes Darulu Umum, Peterongan Jombang, Jawa Timur.

Baca juga: Prabowo Dukung Khofifah di Pilkada Jatim, Karena Satu Visi Soal Konflik Gaza

Gus Hans selain publik figur yang sering kemunculannya di televisi juga seorang politisi dari Partai Golkar Jatim, yang sudah tidak asing lagi.

Bahkan pada periode sebelumnya Gus Hans merupakan tim Sukses pasangan Khofifah-Emil pada Pilkada 2018 lalu.

Sementara pasangan Luluk Nur Hamidah adalah Lukmanul Khakim seorang politisi asli PKB yang saat ini duduk di DPR-RI dari Dapil Jatim IX kelahiran 8 Januari 1983 atau berusia 41 tahun.

Baca juga: Risma Unggul di Perkotaan, Khofifah Kuat di Pelosok Pedesaan, Analisis Pakar Politik UPN Venteran Jatim Singgih Manggalou

Dari tiga pasangan itu, pasangan PDIP Risma-Gus Hans sudah memastikan akan mendaftarkan diri ke KPU Jatim nanti, Kamis (29/8/2024) pukul 18:00 WIB.

Sementara pasangan Luluk-Lukman dari PKB juga akan mendaftarkan pada hari yang sama, Kamis (29/8/2024) pukul 19:00 WIB.

Diperkirakan kedua pasangan dari PDIP dan PKB akan melakukan pendaftaran hampir bersamaan hanya selisih satu jam dari pendaftaran yang dilakukan PDIP. **

Berita Terkini