Arinal-Sutono Daftar Cakada ke KPU Lampung Besok Sore

Rabu, 28 Agustus 2024 16:26
Arinal Djunaidi di PDIP Lampung (Foto Hakim/Helo) Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Rahmad Mirzani Djausal (RMD) dan Jihan Nurlela Chalim (JNC) tak jadi melawan kotak kosong. Arinal Djunaidi dan Sutono akan mendaftarkan diri sebagai pasangan kepala daerah ke KPU Provinsi Lampung pada hari terakhir, Kamis (29/8/2028).

"Besok, pukul 16.00 WIB, saya mendaftar ke KPU (Lampung)," ujarnya kepada para awak media didampingi Umar Ahmad (UA) dan Donald Harris Sihotang setelah dua jam lebih berada di Gedung PDIP Lampung, Rabu (28/8/2024), pukul 13.00-13.10 WIB.

Ketua Partai Golkar Lampung itu datang berpakaian warna hitam tanpa dikawal satu pun kader partainya. Petahana Gubernur Lampung ini tak direkomendasi partainya sendiri. DPP Golkar mengalihkannya ke RMD-JNC.

Menjawab pertanyaan wartawan, Arinal Djunaidi tanpa sangat berhati-hati. Dia mengaku datang untuk konsultasi pencalonnya kembali sebagai gubernur. Dikonfirmasi apakah wakilnya Sutono saja, dia mempersilahkan tanya kepada pengurus PDIP. "Yang pasti, wakilnya dari PDIP," katanya.

Ditanya Helo Indonesia para kader partainya tegak lurus dengan keputusan DPP Golkar untuk memenangkan RMD-JNC, Arinal menegaskan dirinya masih ketua Golkar Lampung hingga saat ini. "Tapikan, di atas langit masih ada langit," katanya. 

Pukul 04.11 WIB, H-1 penutupan pendaftaran KPU Lampung untuk Pilgub 2024, petahana Arinal Djunaidi bersama Sutono mendapatkan rekomendasi B1KWK dari PDIP Lampung.

"Terzolimi menjemput berkah," kata Wakil Sekretaris Partai Golkar Lampung Herwan Saleh kepada Helo Indonesia lewat whatsapp dari Jakarta, Rabu (28/8/2024), pukul 04.11 WIB.

"Om, hari ini rekom untuk calon gubernur Lampung dari PDIP keluar A dan S (Arinal Djunaidi dan Sutono," ujarnya pengurus partai yang setia mengawal ketua partainya.

Rencana, siang ini, deklarasi dan penyerahan rekomendasi di Sekretariat DPD PDIP Provinsi Lampung, Kota Bandarlampung. Arinal dan Sutono terbang dari Jakarta-Lampung pagi ini.

Beberapa hari lalu, meski ketua Golkar Lampung dan sudah mendapatkan surat tugas dari DPP Golkar, rekomendasi partainya diberikan kepada Ketua Gerindra Lampung Rahmad Mirzani Djausal (RMD).

Arinal langsung manuver ke PDIP. Dia menggandeng Sutono, sekretaris PDIP Lampung. Sutono sendiri mantan sekretaris Pemprov Lampung. Dia sudah lama digadang-gadang jadi wakil gubernur Lampung.

Sebelum rekomendasi PDIP jatuh ke tangan keduanya, Mantan Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo (RMD) juga mengincar partai yang tersisa satu-satunya ini pascaputusan Mahkamah Konstitusi.

Semua partai yang punya kursi parlemen sudah berkumpul di RMD-JNC. Rencana kedua bakal kepala daerah muda ini mendaftar ke KPU Lampung besok, hari terakhir pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur (29/8/2024). (Hajim)


 - 

Berita Terkini