Elit PDIP Tunggu Waktu Pas Umumkan dan Usung Anies di Pilkada Jakarta?

Senin, 26 Agustus 2024 16:07
Nama Anies Baswedan belum muncul dalam pengumuman Cakada Gelombang Ketiga PDIP Aris Mohpian Pumuka

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Nama Anies Baswedan seperti magnet. Daya tarik mantan Gubernur DKI Jakarta ini mampu menghipnotis PDIP. Sepertinya elit politik di partai berlambang moncong putih ini, belum munculkan nama Anies Baswedan di pengumuman kepala daerah Gelombang Ketiga, hari ini (26/8/2024), lantaran masih terjadi tarik-menarik kepentingan politik.

Dalam acara tersebut, PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) baru mengumumkan 6 (enam) bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Banten, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"PDIP secara keseluruhan mengumumkan 60 calon kepala daerah," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Menteng, Jakarta, pada Senin (26/8).

Masing-masing, lanjutnya,  enam Bacagub dan Bacawagub,  38 bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati, serta 16 bakal calon walikota dan bakal calon wakil walikota. 

Baca juga: Sedikit Grogi Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi Jadi Model Fashion Show Batik UMKM Surabaya

Namun, nama Anies Baswedan sama sekali tidak disebutkan dalam daftar nama yang dibacakan oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Lalu, berdasarkan pantauan di Kantor DPP PDIP di Menteng hingga pukul 14.46 WIB, Anies juga tidak terlihat hadir dalam acara tersebut.

Sebelumnya, Juru Bicara Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian, mengungkapkan bahwa mantan kandidat  presiden 2024 idijadwalkan ke Kantor DPP PDIP, Jakarta, pada Senin siang.

Meski begitu, Angga enggan menjelaskan lebih detail mengenai tujuan kunjungan Anies Baswedan ke markas partai berlambang banteng moncong putih itu.

Baca juga: Pemain Real Madrid Vinicius Jr dan Rodrygo Punya Jersey Klub Liga 1 Indonesia Madura United, Kenapa Bisa ? Begini Ceritanya

"Iya ke DPP, tetapi detailnya bisa ditanya ke PDIP," ujar Angga.

Nama Anies Baswedan santer dijagokan PDIP pada Pilkada Jakarta 2024 setelah putusan Mahkamah Konstitusi terkait aturan ambang batas pencalonan yang terbaru.

Diketahui, PDIP telah mengumumkan 305 bakal calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada 2024 saat pengumuman gelombang pertama tanggal 14 Agustus.

Kemudian, mengumumkan 169 bakal calon kepala daerah dari PDIP pada gelombang kedua tanggal 22 Agustus.

Baca juga: Duh ! Jay Idzes Debut di Serie A Malah Cedera, Indonesia Makin Kekurangan Bek Untuk Hadapi Kualifikasi Piala Dunia

Berikut nama-nama bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang diumumkan pada pengumuman gelombang ketiga:

1. Sulawesi Utara: Steven Kandouw - Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh

2. Banten: Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi

3. Jawa Tengah: Andika Perkasa - Hendrar Prihadi atau Hendi.

4. Gorontalo: Hamzah Isa - Andurrahman Abubakar Bahmid.

5. Nusa Tenggara Timur (NTT): Yohanis Fransiskus Lema - Jane Natalia Suryanto.

6. Kalimantan Utara: Andi Sulaiman - Andri Partono.

Baca juga: Reihana Gagal Rebut Tahta dari Eva, Petahana yang Direkom Gerindra

Berita Terkini