Ribuan Mahasiswa Lampung Aksi Kawal Putusan MK ke DPRD Lampung

Jumat, 23 Agustus 2024 10:52
Aksi mahasiswa kawal putusan MK soal ambang batas pencalonan kepala daerah (Foto Hakim/Helo Indonesia) Helo Lampung

LAMPUNG HELOINDONESIA.COM - Ribuan Mahasiswa se-Lampung yang tergabung dalam Aliansi Lampung Menggugat ikut gelombang aksi mahasiswa se-Indonesia untuk mengawal putusan MK dan menolak upaya DPR RI mementahkannya.

Mereka begerak dari Universitas Lampung (Unila) lalu menyatu dengan para mahasiswa perguruan tinggi sepanjang Jl. Zainal Abidin Pagaralam, Kedaton, Kota Bandarlampung, menuju DPRD Provinsi Lampung, Jumat pagi (23/8/2024). 

Sehari sebelumnya, Kamis (22/8/2024), para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Lampung mengugat sudah konsolidasi akbar di belakang kantor Rektorat Unila.

Aksi ini digerakkan oleh berbagai organisasi mahasiswa dan Cipayung Plus yang tergabung untuk mengawal Putusan MK yang indikasinya hendak dianulir oleh DPR RI lewat UU Pilkada. 

Pantauan Helo Indonesia di lapangan, ribuan mahasiswa dengan menggunakan kendaraan roda dua mamacetkan jalan protokol pusat Kota Bandar Lampung. Jalan lewat Komplek Gubernuran dibelokkan ke jalan sekitarnya. 

Sementara gerbang DPRD Provinsi Lampung dijaga ketat dan diblokade kawat duri di pintu gerbang masuk kawasan Gubernuran Lampung.

Ratusan personel kepolisian berjajar membentuk barikade. Sedikitnya, ada 10 armada water cannon ‎ditempatkan di beberapa titik sekitar lokasi aksi dikawal beberapa personel kepolisian. 

Mereka akhirnya bisa bertemu wakil rakyat untuk menyampaikan aspirasinya berupa empat tuntutan, yakni

1. Presiden dan DPR RI menghentikan revisi UU Pilkada.
2. KPU sahkan PKPU sesuai dengan keputusan MK No. 60 dan 70 Tahun 2024
3. Hapuskan kebijakan pemerintah yang merugikan rakyat. 
4. Boikot Pilkada 2024. (Hajim)

 - 

Berita Terkini