Partai Buruh Lawan Baleg DPR RI, Ajukan Anies di Pilkada Jakarta

Rabu, 21 Agustus 2024 22:30
Partai Buruh ajukan Anies Baswedan sebagai Cagub di Pilkada Jakarta. Aris Mohpian Pumuka

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Partai Buruh secara resmi menyatakan dukungannya untuk Anies Rasyid Baswedan sebagai calon Gubernur Jakarta pada Pilgub 2024.

"Keputusan ini kami ambil meskipun ada potensi perlawanan terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang sedang dibahas di DPR RI," katae Ketua Tim Kampanye Nasional Partai Buruh, Said Salah Udin dalam konferensi pers yang diadakan di Jakarta pada Rabu, 21 Agustus 2024.

Said menjelaskan, bahwa Partai Buruh telah menyatakan sikap mendukung Anies untuk maju sebagai Gubernur Jakarta. Hal itu mengacu pada putusan MK mengenai gugatan Undang-Undang Pilkada yang baru saja diketok pada 20 Agustus 2024.

Menurut Said, putusan MK tersebut membuka peluang bagi Anies untuk maju di Pilgub Jakarta, memberikan masyarakat pilihan alternatif yang lebih luas.

Ia menambahkan bahwa putusan ini memungkinkan calon yang tidak mendapatkan dukungan dari partai politik besar, tetap bisa maju dalam pemilihan.

"Partai Buruh menunjukkan komitmennya dengan menerbitkan formulir persetujuan B1 KWK untuk mendukung pencalonan Anies," ujarnya. 

Said menegaskan bahwa ini bukan sekadar janji, tetapi tindakan nyata dengan membawa surat persetujuan resmi sesuai dengan ketentuan UU Pilkada dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Ia juga menyebut bahwa hingga saat ini, belum ada bakal calon gubernur lain yang mengantongi surat persetujuan tersebut, termasuk pasangan Ridwan Kamil-Suswono yang didukung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Plus.

Nama Anies Baswedan semakin sering disebut-sebut sebagai calon kuat dalam Pilgub Jakarta 2024, terutama setelah putusan MK yang diajukan oleh Partai Buruh dan Partai Gelora.

Namun, ada potensi bahwa upaya ini bisa terhambat oleh hasil rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR yang menentang putusan MK. Hingga saat ini, Anies belum secara resmi merapat ke partai politik mana pun untuk Pilgub Jakarta 2024.

Berita Terkini