Tujuh Fraksi DPRD Kendal Telah Terbentuk, Tiga Parpol Begabung dengan Parpol Lain

Selasa, 20 Agustus 2024 08:12
Rapat paripurna yang digelar PDRD Kendal terkait pengesahan fraksi. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Tujuh Fraksi di DPRD Kendal telah dibentuk dan disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kendal, Senin 19 Agustus 2024. Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sementara Muhammad Makmun telah menyatakan tujuh fraksi yang terbentuk tersebut, yakni Fraksi PKB, Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, PPP, PAN dan PKS.

Ia mengungkapkan, ada tiga parpol yang belum memenuhi syarat untuk membuat fraksi sendiri yaitu Partai NasDem, Partai Demokrat dan Perindo sehingga harus bergabung dengan fraksi lainnya.

"Partai Perindo satu kursi bergabung dengan PPP. Partai NasDem yang dua kursi gabung dengan Partai Gerindra, kemudian Partai Demokrat yang mendapat satu kursi bergabung dengan PKB," ungkapnya.

Baca juga: Mirna Annisa Silaturahmi ke PKS Jelang Pilkada Kendal, Koalisi Bertambah?

Sementara terkait alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya, lanjut Makmun, saat ini masih dalam proses dan menunggu waktu.

"Alat kelengkapan dewan masih menunggu waktu. Tentunya baru kemarin kita dilantik tanggal 14 Agustus, dan Alhamdulillah sudah bekerja lebih cepat dari yang diharapkan. Kalau dalam tatib nya itukan kita dikasih waktu satu bulan untuk membentuk fraksi tetapi dalam waktu lima hari DPRD Kendal bisa kondusif terbentuk," terang Muhammad Makmun.

Susunan Fraksi

Adapun susunan pimpinan fraksi dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kendal, Anwar Haryono. Dengan rincian Fraksi PKB diketuai oleh Fathur Rahman, Wakil Ketua M Nurul Mujib, Sekretaris Qomaruddin Abbas. Fraksi Golkar, Ketua Mora Sandhy Purwandono, Wakil Ketua Muh Tommy Fadlurohman, Sektretaris Supriyadi.

Kemudian Ketua Fraksi PDI Perjuangan yaitu Tri Purnomo, Wakil Ketua Paramita Atika Putri, dan Sekretaris Wiwit Widayati. Fraksi Gerindra diketuai oleh M Sarif Hidayatullah, Wakil Ketua Annurochim, Sekretaris Riszky Aritonang. Fraksi PPP, Ketua Abdul Syukur, Wakil Ketua Mashrifah Afna dan Sekretaris Syukri Fauzi.

Baca juga: Geger, Seorang Perempuan Tewas Dimakan Ular Piton Panjang 4,5 Meter

Kemudian Fraksi PAN, Ketua Muhammad Arkham, Wakil Ketua Mukhlisin, Sekretaris Najmah Riajani Garniera, Fraksi PKS Ketua Rubiyanto, Wakil Ketua Sukron dan Sekretaris Dwi Margo Utomo.

Anggota DPRD Kendal dari Partai NasDem Supriyanto yang bergabung di Fraksi Geeindra mengungkapkan, bergabungnya Partai NasDem ke Fraksi Gerindra searah dengan koalisi dalam Pilkada Kendal 2024 mendatang.

"Ini sesuai rekomendasi dan searah dengan koalisi dalam pemilihan bupati dan wakil bupati di Pilkada 2024 yang sudah kita rekomkan ke Mbak Mirna dan Mas Riki. Jadi kita sesuai arah saja," kata Supriyanto.

Sementara, Anggota DPRD satu-satunya dari Fraksi Demokrat, Muhammad Arif Abidin menjelaskan dirinya bergabung ke Fraksi PKB karena menurutnya PKB adalah partai pemenang dan menjadi simbol partai religius di Kabupaten Kendal terutama di dapilnya.

"Karena PKB di dapil dua maayarakatnya kan mayoritas religius semua. Makanya alagkah eloknya kita ikut ke PKB. Kalau hubungannya mengerucut atau tidaknya ke koalisi di Pilkada nanti itu pembahasan yang lain. Itu tergantung ketua DPC kita kemana," ungkapnya.(Anik)

Berita Terkini