Pendatang Baru Lista-Ariza Tumbangkan Petahana dalam Survei Tahap III Perwatas di Pilkada Tangsel 2024

Senin, 12 Agustus 2024 18:57
Hasil Survei Tahap III Perwatas Paslon Lista-Ariza Unggul. Ist

HELOINDONESIA.COM - Hasil survei terbaru dari Perhimpunan Wartawan Tangsel (PERWATAS) mengindikasikan bahwa pendatang baru di kancah politik Tangerang Selatan (Tangsel), Ahmad Riza Patria, yang berpasangan dengan Lista Hurustiati, berpotensi menumbangkan pasangan calon (paslon) petahana, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, pada Pilkada Tangsel 2024. 

Survei yang digelar pada 2-8 Agustus 2024 ini melibatkan 2.200 responden dari berbagai kecamatan di Tangsel.

Responden mengikuti survei dengan mengirimkan jawaban melalui nomor WhatsApp 0811-1620-804 yang telah disediakan oleh PERWATAS. 

Baca juga: JAMPIDUM Setujui Penyelesaian Kasus Pencurian Motor di Pohuwato melalui Restorative Justice


Tiga simulasi pasangan calon (paslon) wali kota diuji dalam survei ini, dan hasilnya menunjukkan adanya kejutan signifikan.

Dalam simulasi pertama, petahana Ben-Pilar unggul tipis atas pasangan Lista-Deddy Corbuzer dengan selisih hanya 0,15%, yang masuk dalam margin of error survei. 

Namun, pasangan Ariza-Marshel Widianto tertinggal jauh dengan hanya meraih 5,61% suara.

Pada simulasi kedua, duet Ariza-Lista berhasil mengungguli Ben-Pilar dengan selisih 8,11%. 

Sedangkan, di simulasi ketiga, ketika posisi Ariza dan Lista ditukar, pasangan Lista-Ariza unggul lebih jauh lagi dengan selisih 10,61%.

Baca juga: Pacu Pengembangan Kawasan Bakauheni Harbour City, ASDP Perkuat Peran dalam Pembangunan Sektor Kepariwisataan dan Transportasi Nasional


Ketua PERWATAS, Agus Supriyanto, mengungkapkan bahwa sosok Lista Hurustiati menjadi magnet kuat yang meningkatkan elektabilitas pasangannya. 

"Siapa pun yang berpasangan dengan Bunda Lista, elektabilitasnya meningkat signifikan," ujar Agus. 

Ia menambahkan bahwa meskipun Lista belum mendeklarasikan diri sebagai calon wali kota, dukungan masyarakat terhadapnya sudah sangat kuat.

Baca juga: Ditjen Dukcapil Kemendagri Dukung Itsbat Nikah bagi WNI di Kuching, Sarawak


Namun, survei juga menunjukkan bahwa pasangan Ariza-Marshel masih belum mampu bersaing secara signifikan dengan paslon lainnya. 

Popularitas dan elektabilitas keduanya dinilai masih rendah, ditambah dengan isu kontroversial seputar Marshel yang menurunkan dukungan masyarakat.

Sementara itu, paslon petahana Ben-Pilar yang telah lama bersosialisasi di Tangsel, memiliki modal kuat dari pengalaman mereka dalam pemerintahan. 

Baca juga: Kemendikbudristek Apresiasi Satuan Pendidikan Terpilih Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat 2024


Meski demikian, Agus menekankan bahwa semua pasangan calon masih memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan elektabilitas mereka dalam waktu tiga bulan menuju Pilkada.

PERWATAS merencanakan survei tahap IV yang akan digelar pada 15-21 Agustus 2024 untuk memantau dinamika terbaru di antara paslon Pilkada Tangsel.

Berita Terkini