KPU Lampung Juara 1 Sosdiklih Terinovatif dan  Juara 3 Medsos KPU RI

Selasa, 6 Agustus 2024 19:36
Ketua KPU RI M Afifuddin dan Kadiv Sosdiklih Parmas KPU Lampung Antoniyus Cahyalana. | dok/Muzzamil Helo Lampung

LAMPUNG, HELO INDONESIA.COM --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menyabet dua penghargaan pada Malam Apresiasi Parhumas 2024, tangkai agenda Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) Tahun 2024 taja KPU RI,

Raihan tersebut, yakni Juara 1 KPU Provinsi Terinovatif Dalam Pelaksanaan Sosdiklih, dan Juara 3 Media Sosial KPU Provinsi Terbaik. Acara penyerahan juara di Hotel Vasa Surabaya, Jl Mayjen HR Muhammad Nomor 31, Putat Gede, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur, Minggu-Selasa, (4-6/8/2024).

Demikian komisioner cum Ketua Divisi Kadiv Sosdiklih Parmas KPU Provinsi Lampung, Antoniyus Cahyalana, mewarta melalui media sosialnya, Selasa (6/8/2024), disitat.

"Dua penghargaan. Pada Rakornas Parhumas yang digelar KPU RI di Surabaya 4-6 Agustus 2024, KPU Provinsi Lampung dianugerahi dua penghargaan sekaligus. Juara 1 KPU Provinsi Terinovatif Dalam Pelaksanaan Sosdiklih dan Juara 3 Media Sosial KPU Provinsi Terbaik. Capaian ini adalah wujud dari kerja-kerja kolektif dan berkesinambungan yang melibatkan banyak pihak," tulis Antoniyus.

"Terima kasih kepada KPU Republik Indonesia atas apresiasinya, terima kasih kepada Ketua, anggota dan kesekretariatan KPU Lampung, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kabupaten/Kota se-Lampung, terkhusus Tim Kreatif KPU Lampung," takzim dia.

Menyebut kata demokrasi, mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lampung ini memperkukuh pentakzimannya.

"Akhirnya apresiasi ini dipersembahkan untuk semua pihak yang telah berkontribusi merawat dan memajukan demokrasi, serta yang telah berpartisipasi pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Tabikpun," ujar dia, yang hadir beserta tim.

Hari pembukaan, Kepala Biro Partisipasi dan Humas (Karo Parhumas) Sekretariat Jenderal KPU RI, Cahyo Ariawan, ketua pelaksana, dalam laporannya antara lain memaparkan tujuan dan arah Sosdiklih, mengidentifikasi tantangan, serta membangun sinergitas.

Usai Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Aang Kunaifi, berpidato selamat datang, dilanjutkan pidato pembukaan Ketua KPU RI M Afifuddin.

Afif, sapaannya, mengapresiasi kinerja Divisi Sosdiklih dan Parmas seluruh jajaran KPU, dari salah satu pintu capaian rerata tingkat partisipasi masyarakat di Indonesia pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu melebihi target nasional yakni di angka 81,78 persen.

"Oleh karenanya di masa kini penting untuk lakukan sosialisasi dengan cara perbanyak inovasi, kolaborasi serta sinergitas. Saya harap kedepan kita akan terus membangun sinergitas dengan berbagai pihak untuk menyukseskan Pilkada 2024,” pesan Afif.

Hadir anggota KPU RI lainnya, August Melaz, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, serta Sekjen KPU RI Bernad Dermawan, dan Deputi Bidang Dukungan Teknis Setjen KPU Eberta Kawima, serta jajaran pejabat eselon I-II Setjen KPU RI.

Hari kedua Rakornas, Senin (5/8/2024) diawali diskusi panel dinarasumberi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong; dosen Pascasarjana IPDN, Ketua Pengembangan Pemerintahan Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Associate Prof. Dr. Drs. Muhadam Labolo, M.Si., CIGS, CILC; pakar komunikasi politik FISIP Unair Dr. Suko Widodo, M.Si, dan Kaprodi S1 Politik dan Pemerintahan FISIPOL UGM Dr. rer.pol. Mada Sukmajati.

Terdapuk lainnya, diskusi yang dimoderatori oleh Kabag Humas dan Informasi Publik Biro Parhumas Setjen KPU Renny ini, narasumber Imanuel Lamowa dari Meta dengan materi "Optimalisasi Media Sosial dalam Diseminasi Informasi Pilkada 2024", dan peneliti politik Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati materi "Pemanfaatan Ruang Demokrasi Digital Dalam Upaya Sosialisasi dan Pendidikan Politik Untuk Masyarakat".

Rakornas dirangkai finalisasi output Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat (Siparmas), dan puncak acara Malam Anugerah Parhumas 2024 ini diikuti oleh anggota KPU Provinsi/KIP Aceh dan anggota KPU/KIP Aceh Kabupaten/Kota membidangi Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Kabag Sekretariat KPU Provinsi/KIP Aceh dan Kasubbag pada Sekretariat KPU/KIP Kabupaten/Kota, serta Operator Siparmas KPU Provinsi/KIP Aceh se-Indonesia.

"Alhamdulillah. Selamat bang. Sukses selalu untuk KPU Provinsi Lampung," tulis pegiat budaya Lampung cum angkasawati LPP RRI Bandarlampung, Susilawati Ratubelia, di kolom komentar unggahan Antoniyus. Sang pengunggah pun berterima kasih senada. (Muzzamil)

 - 

Berita Terkini