Cicit Pendiri NU, Gus Kikin Akhirnya Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua PWNU Jatim

Sabtu, 3 Agustus 2024 21:50
KH Abdul Hakim Mahfudz (kanan) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWNU Jatim yang baru melalui Konferwil di Ponpes Tebuireng Jombang, Sabtu (3/8/2024). Foto kiri: Rais Syuriah PWNU, KH Anwar Manshur instagram @pwnu jatim

HELOINDONESIA.COM - Konferensi Wilayah (Konferwil) PWNU Jatim akhirnya memilih KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin sebagai Ketua PWNU Jatim periode 2024-2029.

Acara pemilihan melalui Konferwil digelar di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Sabtu (3/8/2024) malam.

Sementara untuk jabatan Rais Syuriah PWNU tetap dijabat oleh KH Anwar Manshur untuk masa jabatan yang sama.

Sementara KH Anwar Mashur sendiri merupakan pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri yang terpilih melalui mekanisme Ahlul Halli Wal Aqdi atau AHWA, keduanya ditetapkan dalam sidang pleno ke-IV sebagai akhir dari rangkaian Konferwil PWNU Jatim di Ponpes Tebuireng.

Baca juga: Jika PDIP Pasangkan Marzuki Mustamar-Risma, Pilgub Jatim Semakin Seru Melawan Petahana Khofifah-Emil

Sebelumnya dalam pemilihan diawali dengan penjaringan calon dengan persyaratan menjadi calon memperoleh 30 persen suara.

Dua kandidat calon Ketua PWNU yakni Gus Kikin dan KH Makki Nasir yang merupakan kandidat kedua, yang akhirnya gugur karena tidak memenuhi syarat penjaringan 30 persen suara.

Dalam pemilihan itu diikuti 43 cabang di Jawa Timur, dengan jumlah suara 38 suara untuk Gus Kikin sedangkan KH Makki Nasir, Ketua PCNU Bangkalan mendapatkan 5 suara.

Baca juga: Buntut Pencopotan KH Marzuki Mustamar, Kantor PWNU Jatim Dikirimi Sejumlah Karangan Bunga Kritikan Pedas PBNU

Sementara sidang pleno dengan agenda pemilihan Ketua PWNU Jatim dipimpin oleh Wakil Ketua PBNU, Amin Husni Said, sebanyak 43 PCNU diminta menuliskan nama calon di atas kertas suara, yang kemudian di masukan ke dalam kotak suara.

Kemenangan suara Gus Kikin mencapai 88 persen sedangkan KH Makki Nasir mendapatkan 12 persen suara, sehingga gugur ditahap pencalonan.

Gugurnya KH Makki di tahapan penjaringan kandidat calon ketua PWNU membuat cicit pendiri NU KH Hasyim Asyari menang secara aklamasi.

Baca juga: Ketua DPC PPP Jombang Akan Menyiapkan Plan B Jika PDI Perjuangan Tidak Merekomendasi Mundjidah-Sumrambah

Setelah terpilihnya sebagai calon Ketua PWNU, kemudian Amin Husni menanyakan kepada Gus Kikin dengan sederet persyaratan yang terlah diatur.

Persyarakat itu antara lain tidak sedang menjadi pengurus Parpol dan organisasi yang tidak sehaluan, dan pada akhirnya Gus Kikin memenuhi syarat secara keseluruhan.

Baca juga: Mobil Sleep di Jalan Tol Jombang-Mojokerto, Dua Mobil Bea Cukai Kediri Terguling, Begini Nasib Penumpangnya

Kemudian keputusan terakhir adalah mendapat persetujuan dari Rais Syuriah PWNU KH Anwar Manshur dan akhirnya mendapat persetujuan.

"Saya sangat setuju," kata Kiai Anwar, hingga akhirnya para hadirin memberikan ucapan selamat termasuk KH Makki Nasir pun tak lupa memberikan ucapan selamat **

Berita Terkini