Candrawansa: Herman HN Masih Berpeluang Ikut Pilgub Lampung

Jumat, 2 Agustus 2024 18:27
Dosen Fisip Universitas Muhammadiyah Lampung Candrawansah Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Ketua DPW Nasdem Lampung Herman HN masih memiliki peluang dalam konstelasi politik pada pilkada serentak di Pilgub Lampung 2024, kata Candrawansa dari FISIP Universitas Muhammadiyah Lampung.

"Peta politik Lampung masih sangat dinamis, masih ada kemungkinan Herman HN masih dapat mengikuti Pilgub Lampung 2024, namun pada posisi calon wakil gubernur," katanya kepada Helo Indonesia, Jumat (2/8/2024).

Menurut dia, RMD (Rahmad Mirzani Djausal) masih mungkin berpasangan dengan Herman HN dengan syarat Herman HN legowo sebagai wakil gubernurnya Mirza.

Apalagi kemarin membuat semua masyarakat Lampung terkejut, RMD tiba-tiba yang direkomendasi sebagai bakal calon gubernur oleh DPP Nasdem, artinya ada penilaian tersendiri bagi RMD, katanya.

Dilihat dari beberapa partai politik yang sudah berlabuh ke salah satu calon gubernur, bisa kemungkinan akan merubah peta pemilihan gubernur jelang pendaftaran ke KPU pada pada pertengahan Austus ini, katanya.

Menurut Candrawansah, walaupun belum semuanya, dan masih ada ruang head to head, tapi beberapa partai politik saja yang belum menentukan siapa yang akan diusung.

"Bisa saja nanti, Golkar dan PKS mengusung sendiri bakal calonnya. Tapi arah lawan kotak kosong juga masih ada potensi," ujarnya kepada Helo Indonesia, Jumat (2/8/2024).

Menurut Ketua Bidang Pendidikan Politik Nasdem Lampung Heru Listyanto, para kader partainya kaget tiba-tiba DPP NasDem merekomendasi RMD sebagai bakal calon gubernur Lampung.

Kalau bicara elektabilitas dan survei, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Herman HN masih sangat tinggi dibandingkan dengan para bakal calon gubernur lainnya, kata Heru Listyanto kepada Helo Indonesia. Jumat (2/8/2024).

Semua kader masih berharap Herman HN masih bisa mencalonkam diri sebagai bakal calon gubernur. Bakal calon gubernur itu telah mendaftarkan diri ke beberapa partai.

Ketua DPD Partai Gerindra Lampung RMD menerima rekomendasi dari Partai NasDem sebagai calon gubernur Provinsi Lampung periode 2024-2029 di Jakarta, Kamis (1/8/2024), pukul 20.30 WIB.

Pada penyerahan rekomendasi tersebut, RMD terlihat foto bersama Fauzan Sibron dan Anggota DPR RI NasDem Taufik Basari alisa Tobas sambil memegang surat rekomendasi yang telah diserahkan lebih dulu oleh Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya.

Pesan Willy Aditya, semoga rekomendasi tersebur menjadi simbol kebangkitan anak muda sekaligus kesejahteraan Provinsi Lampung.

Untuk wakil RMD, kata Willy, akan dicari siapa yang terbaik. "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, kami dari DPP partai NasDem menyerahkan rekomendasi ini," ujarnya. (Hajim)

 - 

Berita Terkini