Yamin - Ananda Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin

Kamis, 1 Agustus 2024 08:38
Yamin - Ananda Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin.//ist.helokalsel/ Calon Wali Kota Banjarmasin

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Ketua Gerindra Banjarmasin M Yamin dan mantan Putri Indonesia Kalsel Ananda, secara resmi mengumumkan untuk maju jadi Calon Walikota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin pada Pilkada serentak 2024. Yamin-Ananda mengaku didukung Partai Nasdem dan Partai Gerindra. 

Kedua calon ini telah mendapatkan dukungan dari Partai Nasdem. Dalam acara penyerahan tersebut, Hj Ananda tampak mengenakan seragam Nasdem. Ia mengonfirmasi bahwa dirinya kini sudah menjadi kader Partai Nasdem Kota Banjarmasin.

Hj Ananda juga menyatakan bahwa ia telah mengundurkan diri dari Partai Golkar sejak 29 Juli lalu dan kini resmi menjadi bagian dari Nasdem.

Sementara itu, H M Yamin mengungkapkan bahwa komposisi pasangan ini merupakan skenario yang direncanakan sejak Pilkada 2020. Namun, sebelum pengumuman pasangan maju, dinamika politik sempat berubah.

M Yamin bercerita bahwa pada waktu itu ia telah mendapat dukungan untuk maju bersama Ananda dan mendapatkan restu dari orang tua mereka. H Rusliansyah, yang mendukung langkahnya di Pilkada 2020, juga merupakan teman dekat orang tua Hj Ananda dan H M Yamin.

"Orang tua kami memiliki hubungan baik, itulah sebabnya pasangan kami sempat muncul sebagai opsi di 2020," ujarnya Kamis (01/08/2024(

Ia menilai Hj Ananda sebagai pasangan yang tepat, mengingat tidak hanya memiliki basis massa yang solid, tetapi juga kemampuan dan elektabilitas yang mumpuni.

Saat ini, H M Yamin baru menerima SK rekomendasi dari Nasdem, sedangkan untuk Gerindra, ia menyebutkan bahwa permohonan masih dalam proses pengajuan ke DPP. Beberapa waktu lalu, ia baru mendapatkan surat tugas untuk menjalin koalisi.

"Kami telah mengajukan ke DPP. Kami berharap keputusan akan segera dikeluarkan," kata Yamin.

Jika SK Gerindra terbit, maka masih ada satu kursi yang perlu dilengkapi. M Yamin optimis bahwa dukungan akan segera terwujud, terutama karena mereka adalah pasangan pertama yang mengumumkan pencalonan mereka.

"SK berpasangan pertama juga baru kami yang mendapatkan. Karena SK dukungan harus disertai pasangan, kami kini masih menunggu dukungan dari partai-partai lainnya," tandasnya.

Berita Terkini