AHY: Koalisi Sudah Lengkap, Demokrat Serahkan ke Anies Pimpin Koalisi Perubahan

Kamis, 2 Maret 2023 15:38
AHY dan Anies Baswedan memberikan keterangan hasil pertemuan dengan Majelis Tinggi Partai Demokrat. (foto: ist)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Bakal calon presiden Anies Baswedan mengunjungi Majelis Tinggi Partai Demokrat, di Jakarta Pusat, kamis (2/3/2023). Setelah diskusi kedua belah pihak, Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Wakil Ketua Majelis Tinggi Agus Harimurti Yudhoyono memberikan keterangan hasil pertemuan itu.

Menurut AHY, berdasarkan AD/ART, Majelis Tinggi adalah institusi tertinggi yang menentukan koalisi dan capres-cawapres Partai Demokrat.  Majelis tinggi telah mengadakan rapat Rabu malam, dipimpin ketuanya, Susilo bambang Yudhoyono (SBY).

AHY mengatakan, hasil rapat Majelis Tinggi memutuskan tetap berada di Koalisi Perubahan dan Partai Demokrat memutuskan mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pemilu 2024.

 ?Kami memutuskan bahwa Demokrat akan tetap berada dalam garis perubahan dan perbaikan. Kami meyakini pemilu 2024 ini semangat Perubahan dan Perbaikan ini juga semakin besar,? kata AHY saat konferensi pers. 

Menurut AHY, semangat Perubahan dan Perbaikan Ini bukan dugaan atau asumsi belaka, tapi juga suara rakyat dari berbagai penjuru TA. ?Dalam setiap kunjugan ke berbagai kota, berbagai provinsi, kami juga senantiasa mendengarkan harapan, keingian rakya yutuk Indonesia yang semakin baik,? tegasnya. 

Ketika hari ini berbagai kalangan masyarakat yang juga menghadapi persoalan dalam kehidupan seharai-hari, oleh karena itu melalui perubahan yang kita canangkan bersama mudah-mudahan kehidupan masyakarat kita semakin baik.

Ditegaskannya, keputusan yang dihadirkan Majelis Tinggi melalui rapat tadi malam, kemudian dimanifestasikan dalam pertemuan tadi di hadapan Bapak Anies Baswedan tadi para anggota Majelis Tinggi juga menyampaikan harapan, aspirasi dan juga semakin menguatkan tekad Anies Baswedan untuk berjuang, semakin kuat dan semakin memiliki keyakinan bahwa belia tidak sendirian. 

?Ada kami Partai Demokrat dari pusat sampai seluruh daerah yang  siap juga berjuang bersama-sama menghadirkan semangat Perubahan dan Perbaikan tadi,? tegas AHY.

Menurutnya, di hadapan Majelis Tinggi, secara langsung Anies Baswedan bisa berinteraksi menyampaikan tanggapan dan sekaligus menyampaikan visi dan dan gagasan besarnya mengapa perubahan itu harus dilakukan.

Dan tidak ada waktu yang lebih baik selain kontestasi pemilu 2024.  Banyak sekali kesamaan cara pandaang, kesamaan tujuan.

?Dan mudah-mudahan silaturahim seperti ini makin memperkuat chemistry di antara keluarga besar PD dengan Bapak Anies Baswedan, juga semakin menuatkan sinergi, kolaborasi, karena sperti disampaikan Bpk Anies, untu mencapai tujuan besar tidak bisa sendirian, kita harus bersama-sama. 

Dan itulah yang dimiliki Demokrat,  yang menurutnya memiliki kesatuan komando, satu pikiran, satu hati, satu tindakan, baik yang terjadi hari ini, maupun nanti pada Pemilu 2024.

?Ini juga sekaligus menguatkan atau sebagai ketetapan hukum, banyak teman-teman menanyakan Demokrat bagaimana, sebenarnya pada 26 januari lalu sebetulnya secara resmi saya menyampaikan  sikap dan posisi PD untuk mengusung Bpk Anies baswedan sebagai capres RI, tentu jyuga dalam satu paket itu menyerahkan kepada bneliau untuk menentukan pasangannya yang tetntunay memiliki krieria kans kemenangan dan kesamaan visi perubahan tadi,? kata AHY.

Jadi, lanjutnya, hasil pertemuan Majelis Tinggi   itu merupakan ketetapan hukum Partai Demokrat sesuai yang diaur dalam AD/ART 2020 kewenangan MTP adalah untuk menenukan koalisi dan capres dan cawapres. 

?Tetapi sekali lagi, kebulatan tekat yang disampaikan secara resmi oleh MTP mudah-mudahan memperkuat energi perubahan di tengah-tengah masyarakat kita.?

Dengan keputusan Majelis Tinggi itu, AHY menyatakan, sudah lengkap tiga parpol yang bergabung dalam Koalisi Perubahan, yakni Nasdem, PKS, Demokrat. Selanjutnya, Demokrat menyerahkan kepada Anies untuk memimpin koalisi menuju kemenangan di Pemilu 2024.

?Bapak Anies Bawedan, dengan rendah hati semua sudah kami lakukan untuk menyakikan perahu koalisi ini bisa berlayar. You are the leader, You are the superstar. And you will a man koalisi perubahan ini. Sehingga berlayar dan tidak berlayarnya, seberapa jauh berlayarnya, seberapa cepat you will liead us all,? ungkap AHY.

?Pak Anies yang akan memimpin kita, tapi kami siap beberikan dukungan penuh, agar bukan hanya berlayar tapi tiba di tujuan, bukan hanya selamat, tapi memang menang dan membawa perubahan yang terbaik bagi rakyat kita,? ujar Ketum Partai Demokrat itu.

SBY Malah ke Semarang

AHY sebelumnya menjelaskan, rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat dipimpim SBY. ?Tadi malam MTP mengadakan rapat lengkap, hanya satu yang tidak hadir, Bpk Syarif hassan yang bertugas ke luar negeri. Rapat langsung dipimpin Bpk SBY selaku ketua Majelis Tinggi,? katanya,

Dan seluruh anggota Majelis Tinggi hadir pada pertemuan dengan Anies. Disebutkan antara lain, Sekretari Majelis Tinggi Andi Mallarangeng, M Jaffar Hapsah, Ibu Titi budi Santoso, EE mangindaan, Hinca Panjaitan, Eddie Baskoro Yudhoyono, Teuku Harsya, Amir Syamsudin, Melani Suhari, Indrawati Sukadis.

Namun, pada kesempatan itu SBY tidak hadir, dan tidak menemui Anies. Sebab, SBY pergi ke Semarang. ?Bapak SBY saat ini masih menuju Semarang untuk mengikuti pertandingan Proliga, kompetisi bola voli tertinggi tingkat nasional,? kata AHY. (win)

Berita Terkini