PPP Resmi Usung Ganjar Pranowo Sebagai Capres, Dorong Kader Jadi Cawapres

Rabu, 26 April 2023 17:58
PPP resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres. (Foto: tangkapan layar).

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? PPP mengadakan acara pengumuman bakan calon presiden RI di Sleman, Yogyakarta, Rabu 26 April2023. Dalam kesempatan ini PPP mengumumkan secara resmi mengusung Ganjar pranowo sebagai bakal capres (calon presiden 2024-2029) pada Pilpres 2024 mendatang. 

"Setelah melalu musyawarah dan diskusi mendalam, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo SH MIP sebgai calon presiden RI pada Pemilihan Umum Presiden RI pada 2024 yang akan datang. Hal ini disesuaikan dengan Rapimnas V PPP nomor 03/Tap Rapimnas/5/2023,? kata kata Plt Ketum PPP Mardiono di Sleman, Rabu (26/4/2023), seperti dikutip dari YouTube PPP.

Menurut dia, penetapan pilihan dukungan kepada bakal calon presiden didasarkan atas beberapa alasan dan pertimbangan. ?Pertama,  PPP ingin melanjutkan dukungan politik kepada Bapak H Ganjar Pranowo SH MIP dalam pencalonan presiden RI, untuk melanjutkan estafet kepemimpinan periode 2024-2029,? ujar Plt Muhamad Mardiono.

Dukungan serupa telah pernah diberikan PPP, lanjutnya, yakni dukungan politik pada Pilkada Jawa Tengah pada 2018, PPP telah menghantarkan beliau menjadi Gubernur Jawa Tengah yang berpasangan dengan kader PPP Gus Taj Yasin, yang merupakan putra almarhum KH Hadratus Syeh Maimun Zubair.

Yang kedua, PPP ingin menitipkan politik amar makruf nahi munkar kepada beliau untuk diimplrementasikan pada tatanan politik pemerintahan negara di masa mendatang melalui prinsip politik religius sebab PPP yakin seyakin-yakinnya bahwa dengan kultur berasa dari kultur keluarga nahdlatul ulama hampir sama dengan PPP.

?Semoga Indonesia yang didambakan oleh  umat dan pendiri bangsa ini dapat menjadi negeri baldatun toyibatun warofun ghofur, akan mewujudkan secara dinamis, yakni negara yang kuat, dan rakyat sejahtera lahir dan batin,? kata Mardiono.

Yang ketiga, PPP memandang bahwa kapasitas, integritas, dan aksepbilitas beliau sangat layak untuk menduduki pempimpin bangsa. Selain itu dukungan popularitas dan elektabilitas sebagai politisi telah dibuktikan oleh berbagai lembaga survei dengan menempatkan posisi teratas bisa dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya.

Kemudian ke-empat, secara historis H Ganjar Pranowo merupakan bagian tak dapat dipisahkan dengan PPP, karena beliau mertuanya, Bpk H Ahmad Musadik Supriadi pernah menjabat sebagai Ketua DPC PPP Purbalingga selama 4 periode, pada 1973-1991, selama 5 periode menjabat anggota DPRD Purbalingga, dan MPR RI satu periode dari PPP. 

Hingga saat ini rumah mertua beliau juga masih digunakan sebagai kantor DPC PPP di Kabupaten Purbalingga, Selanjutnya juga, kakak ipar beliau bernama Nurul Hidayah sebagai Ketua DPC PP sekaligus anggota FPPP DPRD Jawa Tengah.

Yang tak kalah penting, PPP akan mendorong kadernya untuk dapat dipasangkan sebadai bakal cawapres guna mendampingi bakal capres Ganjar Pranowo.

?Selanjutnya keenam, berdasarkan mandat yang diberikan oleh forum Rapimnas V maka DPP PPP akan berusaha secara maksimal melakukan komunikasi dan langkah-langkah politik untuk mendorong kader PPP untuk dapat dipasangkan sebagai bakal calon wakil presiden mendampingin Bapak Ganjar Pranowo,? tandas Plt Ketum PPP itu. 

?Ini saya tekankan karena amanat dari hasiol rapat konstitusi PPP. Keinginan ini bukan harapan berlebihan, mengingat kader PPP Bapak Dr Hamzah Haz pernah menjadi Wakil presiden mendampingi Ibu Megawati Soekarnoputri,? ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, PPP akan mengomunikasikan keputusan politik tersebut kepada tiga pihak, yakni kepada PDIP, Ganjar Pranowo, dan Presiden Jokowi.

"Berdasarkan amanat Rapimnas V, DPP PPP juga akan segera melakukan komunikasi politik dengan ketua umum DPP PDIP yang insyaallah waktunya sedang diatur,  oleh karena itu Bapak H Ganjar Pranowo sebagai kader PDIP dan telah diumumkan sebagai calon presiden RI pada pemilihan presiden mendatang," kata Plt Ketum PPP Mardiono. (*)

(A Winoto)

Berita Terkini