Ganjar Calon Pengganti Jokowi, Utje Mundur sebagai Ketum Bara JP

Sabtu, 22 April 2023 21:52
Gustaaf AC Patty (Utje) (Foto Ist/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Pada hari yang sama pengumuman Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI, Jumat (21/4/2023), Gustaaf AC Patty (Utje) mengundurkan diri sebagai ketua umum Barisan Jalan Perubahan (Bara JP) yang awalnya para relawan Presiden Jokowi.

Lewat Surat "Maklumat Bara JP" tertanggal 21 April 2023, Utje menyerahkan kembali mandat posisinya kepada Ketua Dewan Pengawas yang juga Ketua Pertama DPP Bara JP Sihol Manullang. Sedangkan Srikandi Bara JP tetap dipimpin Evilia (Vivi).

Wasekjen DPP Bara JP Relly Reagen ketika dikonfirmasi kebenaran keluarnya surat maklumat tersebut membenarkan hal tersebut. Dijelaskannya, dalam organisasi, adanya maklumat, maklumat penyerahan kepemimpinan dari Utje ke Sihol.

Wakil Sekretaris Jenderal Bara JP Relly Reagen. (Foto Bara JP)

"Tak masalah, bagian dari dinamika intern organisasi," ujar dokter muda itu kepada "Helo Indonesia Lampung", Minggu (24/4/2023).

Sebelumnya, media ini mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut ke salah seorang wakil ketua 1 Bara JP. Namun, dia keberatan namanya dimuat dengan alasan tak berkompeten mengomentarinya.

Dalam surat, Utje mengeluarkan empat maklumat:
1. Bara JP tetap memperjuangkan Jokowi kembali jadi presiden guna melanjutkan cita-cita pembangunan yang belum selesai akibat terhalang oleh dampak Covid-19 dan resesi global geopolitik dampak dinamika internasional. Untuk tujuan ini, maka Bara JP menjadi gerakan yang bersifat komando dipimpin Gustaaf AC Patty.

2. Menghadapi realitas politik 2024 serta tahapan Pemilu 2024 (Pilpres, Pileg, Pilkada) sesuai amanat konstitusi dan agenda kenegaraan pemerintahan maka agar tetap berproses sebagai gerakan kerelawanan maka Bara JP dipimpin JP Sihol Manullang.

3. Srikandi-srikandi Bara JP/Srikandi Jokowi adalah elan perjuangan serta wadah perempuan dalam kerelawanan yang tetap dipimpin Evillia (Vivi).

4. Maklumat ini akan disampaikan di Rapimnas Bara JP pada tanggal 15 Juni 2023 (10 tahun Bara JP) untuk mendapatkan penguatan konsolidasi organisasi untuk selanjutnya direkomendasi secara legal formal. (HBM)

Berita Terkini