Jadi Capres PDIP, Ganjar Pranowo: Saya Digembleng Partai Ini, Kita Wujudkan Pemikiran Bung Karno

Jumat, 21 April 2023 23:11
Ganjar Pranowo berpidato usai ditetapkan menjadi capres PDIP. (foto: tangkapan layar).

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ?  Ganjar Pranowo telah ditetapkan Megawati Soekarnoputri sebagai capres PDIP dalam rapat Jumat siang 21 April 2023 di Istana Batutulis, Bogor. Ganjar pun diberikan kesempatan memberikan sambutan di acara tersebut. 

?Tentu ini sebuah keputusan yang diambil Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang melalui proses sangat panjang. Sebuah kehormatan bagi saya mendapat penugasan sebagai kader partai,? kata Ganjar Pranowo yang memberikan sambutan dalam posisi duduk di samping Megawati dan Prananda Prabowo.

Untuk itu, karena tugas yang tidak mudah, kepada kawan-kawan PDIP yang hadir semua baik secara luring maupun daring, ada kepala daerah, Ketua DPD, DPC, PAC, Ranting, anak ranting, Satgas dan seluruh komponen partai yang lain, Ganjar Pranowo mohon dukungan saran, kritikan, inilah momentun untuk kita untuk mengkosolidasikan kekuatan untuk bersatu one for all all for one.

Ganjar lantas menceritakan kiprahnya di PDIP, yang menrutnya, tugas sebagai capres ini tentu bukan penugasan pertama. Ia mengungkapkan, penugasan awalnya sebelum menjadi pengemban jabatan public, dirinya pernah ditugaskan partai untuk membentuk Badiklat Pusat.

Kemudiakan penugasan untuk membentuk melahirkan badan Penanggulangan Bencana dan Departemen Otonomi daerah. Selanjutnya partai menugaskan kepada saya menjadi anggota DPR RI sampai dua periode.

 Dan sampai saat ini masih dalam jabatan yang saya emban penugasan sebagai Gubernur Jateng dua periode. ?Dan hari ini Ibu mengumumkan memberi amanat yang jauh lebih berat, mudah-mudahan saya mampu, dan Insya Allah saya akan berjuang untuk itu, sebagai calon Presiden RI,? kata Ganjar Pranowo.

Ganjar mengaku lahir secara politik dan digembleng partai PDIP yang inspirasinya dari pemikiran Bung Karno. Maka, Ganjar Pranowo mengajak untuk mewujudkan pemikiran Bun Karno.

?Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, tentu saja proses kaderisasi dan diklat yang saya terima, bukan lahir begitu saja. Saya lahir dari partai ini, digembleng partai ini dan besar di partai ini dengan nilai-nilai kejuangan partai,  dengan semangat spirit dan inspirasi Bung karno,? kata Ganjar. 

 Menurutnya, para kader  sebagai anak-anaknya (anak-anak ideologis Bung Karno), sebagai anak-anak bangsa sangat menghoirmati, mengikuti dan selalu menjalankan apa yang menjadi pemikiran Bung Karno yang tercatat sebagai pemikir politik, bagimana beliau berbicara dalam taraf global, dalam taraf nasional, bahkan sampai taraf keccil sampau tingkat lokal, sebagaimana disampaikan bagaimana bersentuhan dengan rakya secara langsung. 

?Seluruh inspirasi dari pemikiran Bung karno inilah yang kemudian mesti kita wujudkan, tugas belum tuntas, harus kita tuntasakan oleh anak-anak bangsa, bagaimana spirit dalam Pembukaan UUD 1945 mesti kita wujudkan, bagaimana negara ini berdaulat dalam bidang politik, berdikari dari ekonomi, kita berkepribadian dalam kebudayaan. itulah yang memberi spirit kami,? ujar Ganjar Pranowo.

?Tentu saya ingin mengucapkan secara khusus kepada Mbak Puan, yang dalam penugasan-penugasan politik, pernah menjadi Panglima Tempur di Jawa Tengah sampai dua periode. Mas Nanan teruima kasihyang selalu memberikan arahan,? ujarnya.

Ganjar pun memuji Presiden Jokowi sebagai sosok Presiden yang telah membuay terobosan-terobosan, dan dia mengajak melanjutkan apa yang sudah dikerjkaan Jokowi.

?Wabil kusus Bapak Presiden Pak jokowi, saya sebagai perpanjangan tangan pemerintah di daerah, bagaimana kita bergotong royong membangun spirit sebagai founding partai untuk menyelesaikan tugas-tugas ideologis untuk melayani masyarakat,? kataya.

Ia pun menyebut terobosan-terobosan yang diberikan Jokowi, fundamen yang sudah dibangun harus dilanjutkan[AA1] . Hanya kita yang terus berkomitmen unuk melanjutakan itu, dimana beliau mendobrak kemapanan-kemapanan, kenyamanan-kenyamanan sehingga Indonesia bergerak untuk itu,? ujarnya.

?Ibu Mega, terima kasih, dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, Insya Allah saya menunaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya,? kata Ganjar Pranowo. (*) 

(A winoto)

Berita Terkini