Bawaslu Mesuji Rapat Persiapan Pemilu 2024, Fokus Netralitas ASN

Selasa, 3 Oktober 2023 22:05
(Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mesuji mengadakan rapat "Fasilitasi dan Pembinaan Penanganan Pelanggaran Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyelenggara Pemilu".

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Lampung Tamri, SHut, SH, MH yang membuka rapat yang juga dihadiri ketua dan anggota Panwaslu kecamatan se-Mesuji pada hari Selasa (3/10/2023).

Dalam sambutannya, Tamri menjelaskan betapa pentingnya netralitas seorang ASN dalam pemilu. Ia menekankan bahwa seorang ASN harus menjalankan tugasnya secara netral, bebas dari pengaruh eksternal, dan tidak memihak kepada pihak manapun.

Ketidaknetralan ASN dapat berdampak serius, termasuk diskriminasi dalam layanan publik, munculnya ketidaksetaraan dalam lingkup ASN, serta konflik atau benturan kepentingan yang dapat merugikan integritas ASN dan profesionalisme mereka.

Baca juga: Bercelurit, Para Remaja Tanjungbintang Tunggu Lawan di Campang Raya

Acara ini juga menghadirkan dua narasumber kunci, yaitu Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mesuji, Yopi Saputra, S.E., dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji, Eko Sumarsono.

Narasumber pertama, Yopi Saputra, S.E., memaparkan larangan-larangan yang berlaku bagi ASN dalam Pemilihan Umum/Pemilihan Tahun 2024 dari perspektif praktis. Ia juga membagikan pandangan tentang bagaimana langkah-langkah pencegahan dapat meningkatkan netralitas ASN selama pemilu.

Narasumber kedua, Eko Sumarsono, Anggota KPU Kabupaten Mesuji, menguraikan pandangan praktis tentang larangan-larangan yang berlaku bagi penyelenggara pemilu dalam Pemilihan Umum/Pemilihan Tahun 2024. Ia juga menjelaskan tindakan pencegahan yang dapat diambil untuk memastikan netralitas penyelenggara pemilu.

Baca juga: Bawaslu Tubaba Audiensi ke Pj Bupati, Ada Rencana Deklarasi Netralitas ASN

Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai kesepahaman bersama terkait tindak lanjut terhadap pelanggaran netralitas ASN dan penyelenggara pemilu. Diharapkan, Panwascam dapat memahami potensi-potensi pelanggaran netralitas ASN dan penyelenggara pemilu dalam Pemilu 2024 dan mengambil langkah-langkah yang efektif untuk menjaga integritas pemilu yang bersih dan adil. Bawaslu Mesuji siap untuk berkolaborasi dalam menjaga netralitas dan integritas pemilu yang akan datang.

Berita Terkini

Demokrat Rekom Mirza-Jihan

Politik • 2 jam 29 menit lalu