Helo Indonesia

Cak Imin Ngarep Demokrat Kembali ke Koalisi Perubahan

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Jumat, 8 September 2023 23:25
    Bagikan  
Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
X @Umar_Hasibuan_

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin - Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ketua Umum PKB. (Foto: X @Umar_Hasibuan_)

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang sudah ditetapkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan berharap, Demokrat mau bergabung kembali bersama koalisi PKB-NasDem di Pilpres 2024.

Partai Demokrat sebelumnya memilih mencabut dukungan untuk Anies Baswedan dan keluar dari koalisi perubahan. Alasannys yaitu penetapan sepihak atas pemilihan Cak Imin sebagai cawapres.

"Kita berharap Partai Demokrat bisa bergabung kembali," kata Cak Imin usai ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Jumat (8/9).

Sebelumnya, Partai Demokrat masih merasa dikhianati setelah Cak Imin ditetapkan secara sepihak sebagai cawapres Anies Baswedan. 

Baca juga: PKS Belum Sreg Dukung Cak Imin Sebagai Cawapres Anies

Karena itu Demokrat memastikan menutup pintu dukungan kepada Anies Baswedan sebagai capres dalam kontestasi Pilpres 2024. 

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, keputusan tidak akan kembali mendukung Anies tersebut merupakan keinginan hampir sebagian besar DPD Partai Demokrat. 

Partai Demokrat hari ini menggelar rapat yang dihadiri oleh 38 DPD Demokrat. Dalam rapat tersebut DPD memberikan masukan kepada DPP dimana salah satunya yaitu tidak mendukung Anies Baswedan.

Baca juga: Para Tokoh NU Terpecah, Duet Anies-Cak Imin Bukan Resep Manjur Rebut Suara Nahdliyin

"Satu hal yang pasti, tidak ada kata CLBK. Sehingga bagi mereka CLBK tidak mungkin terjadi. Karena sudah menyangkut masalah kehormatan partai yang dianggap dilukai dan dianggap dikhianati. Bahasanya seperti itu," kata dia di DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023).