Helo Indonesia

Tanggapan Golkar Soal Ridwan Kamil Bakal Ditetapkan Sebagai Cawapres Ganjar

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Kamis, 7 September 2023 23:30
    Bagikan  
Ridwan Kamil, Hasto Kristiyanto
DPP PDIP

Ridwan Kamil, Hasto Kristiyanto - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan patung Bung Karno di GOR & Taman Saparua, Bandung, Sabtu 28 Juni. (Foto: DPP PDIP)

HELOINDONESIA.COM - Ketua DPD Golkar Jabar, Tubagus Ace Hasan Syadzily menilai, sebelum dideklarasikan secara resmi, kabar Ridwan Kamil atau Kang Emil akan menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo masih sekedar isu.

Apalagi, kata dia, Sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan partai, Golkar masih mengusung ketua umumnya, Airlangga Hartarto untuk menjadi capres maupun cawapres 2024.

Dikatakannya, seluruh kader termasuk Kang Emil akan tunduk dalam mekanisme tersebut.

"Itu kan baru isu ya. Tentu (akan ikut arahan partai) kan beliau sekarang wakil ketum Partai Golkar," ujar Ace saat dihubungi, Rabu (6/9/2023).

Baca juga: Ridwan Kamil Dipastikan Menjadi Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Usai menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar) dia menyebutkan, Kang Emil sudah menyatakan akan berkoordinasu dengan internal Golkar soal langkah selanjutnya Sebab posisi Kang Emil sendiri adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar.

"Dalam mengambil langkah politiknya setelah tidak lagi jadi gubernur, Pak RK yang saya tahu pasti akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Pak Airlangga Hartarto selaku ketua umum Partai Golkar, ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil (Kang Emil) sempat memberikan kode bahw pekan depan akan ada kabar mengejutkan terkait langkah politiknya. 

Baca juga: Survei LSI, AHY Out dari Tiga Besar Cawapres, Kalah dari Erick Thohir, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno

Pernyataan itu diampaikan kepada warga Jawa Barat (Jabar) usai resmi menyerahkan jabatan gubernur Jabar, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/9/2023).

"Kami mohon doa takdir kami ke mana, kami tidak tahu, tapi insyaallah Tuhan memberikan yang terbaik; tapi kalau minggu depan ada breaking news, ya, mohon dimaklumi. Kodenya itu aja," kata Kang Emil di lokasi.