Helo Indonesia

Caleg DPR Dapil DKI I : Petahana Akan Bersaing Ketat Dengan Artis, Pendakwah, Presenter, Politikus Hingga Menteri

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 21 Agustus 2023 23:31
    Bagikan  
Menpora Dito Ariotedjo
Foto : Ist

Menpora Dito Ariotedjo - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Setelah KPU RI mengumumkan daftar calon sementara (DCS) tingkat DPR, peta persaingan menuju kursi Parlemen Senayan mulai terlihat di daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta I. Sederet nama tokoh, pendakwah, politisi hingga menteri akan bersaing ketat mendapatkan kursi DPR RI.

Daftar calon anggota legislatif (caleg) di Dapil DKI Jakarta I berisikan nama-nama tenar. Nama yang mencuri perhatian salah satunya ialah Ario Bimo Nandito. Dito sapaan akrabnya merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga dijajaran kabinet Presiden Joko Widodo. Dia bertengger diurutan pertama DCS Partai Golongan Karya (Golkar). 

Kemudian dari kalangan pendakwah yang cukup dikenal yakni Yusuf Mansur, sang juru dakwah sekaligus pengusaha ini maju sebagai caleg DPR dari Perindo. Yusuf Mansur menempati urutan ke-1

Masih dari Perindo, seorang presenter TV yang namanya tidak asing lagi yaitu Aiman Witjaksono ikut bertarung untuk mencapai jabatan legislatif. Dia mendapatkan nomor urut ke-2 di DCS Perindo. 

Baca juga: Batas Usia Minimal dan Maksimal Capres-cawapres Hingga Batas Pencalonan Digugat

Kemudian ada sosok kontroversial Buni Yani, dia maju sebagai caleh DPR dari Partai Ummat. Buni Yani semakin dikenal luas setelah mengunggah video Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama (BTP) yang dianggap melakukan penistaan agama setelah menyebutkan QS. Al-Maidah 51 (Kasus Al-Maidah 51).

Dari kalangan Petahana, ada Putra Nababan dari PDI Perjuangan, Habiburokhman Gerindra dan Ahmad H M. Ali NasDem. Uniknya, ketiga nama ini masing-masing menempati urutan ke-1 dalam DCS di partainya sebagai caleg DPR Dapil DKI Jakarta I. 

Ikut memanaskan persaingan di Dapil DKI Jakarta I, daei kalangan artis berjajar sederet nama yang sering menghiasi acara di TV seperti, Eko Hendro Purnomo dan Ayu Azhari dari PAN, Gilang Dirgahari dari PPP dan Wanda Hamidah dari Partai Golkar. Ayu dan Eko masing-masing bertengger diurutan 2 dan 3 DCS PAN, senentara Gilang Dirga berada diurutan 6 DCS PPP dan Wanda Hamidah diurutan ke 4 DCS Golkar.