Helo Indonesia

Sebut AHY Sosok Matang, PKS : Anies Yang Tentukan Nama Cawapres

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Jumat, 11 Agustus 2023 12:30
    Bagikan  
Anies Baswedan, AHY,
Facebook/Agus Yudhoyono

Anies Baswedan, AHY, - AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) saat menjemput ANies Baswedan di Bandara Soekarno-Hatta, 11 Juli. (Foto: Facebook/Agus Yudhoyono)

HELOINDONESIA.COM - Rencana duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024, masih dinamis.

Sebelumnya isu AHY bakal menjadi cawapres Anies sempat hangat namun belakangan mulai berganti setelah Anies beberapa bertemu sejumlah figur yang potensial menjadi pendampingmya seperti Susi Pudjiastuti hingga Yenny Wahid.

Meski begitu PKS memberi sinyal dukungan untuk AHY menjadi pendapat Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Menurut Presiden PKS Ahmad Syaikhu, AHY merupakan sosok yang semakin matang dan tertempa karena syarat pengalaman.

Baca juga: Nasdem Soal Pertemuan Puan-AHY : Bukan Ancaman Koalisi Anies

"AHY dari belasan tahun di dunia militer hingga terjun ke dunia politik sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2017 dan saat ini menjadi ketua umum Partai Demokrat," ujar dia seusai peluncuran buku “Tetralogi Transformasi AHY” di Djakarta Theater di Jakarta, Kamis malam (10/8/2023).

Mesk begitu, menurut dia PKS dan dua partai politik pendukung Anies lainnya, yaitu NasDem dan Demokrat, menyerahkan keputudan final penentuan cawapres ke Anies.

Sebagai partai pendukung pencapresan Anies, imbuh dia, hanya memberikan masukan-masukan dalam penentuan cawapres.

Baca juga: Notaris Elti Yunani Lulus Cumlaude Angkatan I S2 Universitas Saburai

"Pak Anies memutuskan (cawapres pendampingnya di Pilpres 2024). Kami hanya memberikan pertimbangan-pertimbangan,” katanya.

Syaikhu optimistiis Anies akam memilih cawapres yang terbaik untuk bisa memenangkan Pilpres 2024. Namun dia juga menyatakan tak tahu kapan secara pasti cawapres Anies akan diumumkan.

“Kami juga melihat Pak Anies menjadi pribadi yang matanglah. Kapan kami mengumumkan, siapa orangnya, saya kira kami percayakanlah sepenuhnya dengan Pak Anies,” tutur Syaikhu.