bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pemilih Pemilu 2024 Disabilitas Pesawaran Ada 1,529 Jiwa

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Jumat, 7 Juli 2023 16:37
    Bagikan  
Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Pesawaran Doddy Afriyanto

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Pesawaran Doddy Afriyanto - Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Jumlah pemilih disabilitas pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang mencapai 1,529 jiwa di Kabupaten Pesawaran.

Hal tersebut dikatakan Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran Doddy Afriyanto, pihaknya mencatat untuk disabilitas fisik berjumlah 709 jiwa, kemudian disabilitas intelektual berjumlah 96 jiwa.

“Kemudian disabilitas mental terdapat 331 jiwa, lalu disabilitas sensorik wicara terdapat 164 jiwa, dan disabilitas sensorik rungu 97 jiwa, kemudian disabilitas sensorik netra sebanyak 132 jiwa jumlah ini dari 11 kecamatan yang ada di Bumi Andan Jejama,” kata Doddy, Jumat (7/7/2023).

Dikatakan, untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih disabilitas, dibutuhkan kerja sama masyarakat hingga penyelenggara pemilihan yang ada di desa.

Baca juga: Pemkot Bandarlampung Raih Manggala Karya Kencana 2023

“Kita tidak bisa menyerahkannya kepada pihak keluarga, kita sebagai penyelenggara juga wajib memberikan kemudahan kepada para saudara disabilitas agar bisa menyalurkan hak suaranya pada pemilu yang akan datang,” ujarnya.

“Salah satunya, dengan melakukan penjemputan oleh pihak penyelenggara atau kita datangi ke rumah masing-masing agar mereka bisa memilih, sehingga mereka tetap dapat menyalurkan hak suaranya,” tambahnya.

Kemudian, lanjut Doddy untuk setiap TPS juga harus disediakan tulisan, agar penyandang tunarungu bisa mengetahui meja-meja KPPS, tempat pencoblosan, nomor TPS, dan sebagainya.

“Kami terus melakukan upaya-upaya agar saudara-saudara kita yang disabilitas, dapat terbantu dalam menyalurkan hak suaranya,” pungkasnya. (Rama)