Helo Indonesia

Gerindra Klaim PAN dan Parpol Lain akan Dukung Prabowo Bulan Juli ini

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Jumat, 7 Juli 2023 11:06
    Bagikan  
Prabowo Subianto (Foto Helo Indonesia)
Prabowo Subianto (Foto Helo Indonesia)

Prabowo Subianto (Foto Helo Indonesia) - Prabowo Subianto (Foto Helo Indonesia)

HELOINDONESIA.COM - Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade mengungkapkan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) siap menyambut parpol yang akan bergabung pada bulan Juli 2023.

Andre melanjutkan, beberapa parpol tersebut akan mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden RI 2024 Prabowo Subianto. 

"Insyaallah, pada bulan Juli ini dukungan terhadap Pak Prabowo akan bertambah dengan rencana bergabungnya beberapa parpol dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya," kata Andre di Jakarta, dikutip Jumat, 7 Juli 2023.

Dia menyinggung Partai Amanat Nasional (PAN) yang diketuai Zulkifli Hasan akan diajak berdiskusi jika nantinya bergabung dengan koalisi. Tentu saja, Ketua Umum parpol baru yang baru ikut dalam koalisi KIRR akan dilibatkan dalam pembahasan calon presiden dan wakil presiden yang akan dimenangkan dalam ajang pilpres 2024.

Baca juga: Daftar 20 Lampu Merah di DKI Dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI), Fungsinya Buat Apa?

"Jika PAN jadi berkoalisi dengan KiIRR, langkah selanjutnya Pak Prabowo dan Gus Muhaimin akan bersama-sama denhan Bang Zulhas (Ketua Umum PAN) untuk berdiskusi," ujarnya.

Perlu diketahui, hingga saat ini PAN masih tergabung dengan Golkar dan PPP di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). PAN sejauh ini belum menentukan pilihan soal dukung mendukung capres setelah PPP mendeklarasikan dukungan terhadap capres PDIP Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi mengakui PAN dan Gerindra memiliki historis kedekatan pada dua kali penyelenggaraan Pemilu Sebelumnya. 

Namun dia menyinggung, kegagalan dalam dua kakli berkoalisi dengan partai berlogo Garuda tersebut. Karena itu Viva mengatakan, pada Pemilu kali ini, PAM tidak ingin gagal lagi. 

Baca juga: Ponsel Murah Dilengkapi Teknologi NFC Buat Transaksi Keuangan, Ada Harga yang Gak Sampai Rp 2 Jutaan

"PAN tidak mau sampai hattrick memgalamia kekalahan ketiga kali. Karena itu PAN harus mendukung calon yang diprediksi dapat akan memenangi pilpres," ucap dia.

Karena itu, PAN juga memiliki opsi lain yaitu bergabung dengan parpol koalisi pemerintahan. Selain ingin mnenang, Yoga mengungkapkan, partainya mendukung dan ingin melanjutkan program nasional. 

"PAN memiliki opsi yang harus dipertimbangkan dalam menentukan arah dukungan pada Pilpres 2024. Salah satunya yaitu dengan bergabung dengan koalisi parpol pemerintahaan agar dapat melanjutkan program pembangunan nasional saat ini," cetusnya.