Helo Indonesia

Duet Prabowo Subianto-Erick Tohir Bisa Terwujud, Asal...

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Rabu, 21 Juni 2023 21:05
    Bagikan  
Erick Thohir,
Foto: tangkapan layar Instagram websiteloker

Erick Thohir, - Menteri BUMN Erick Thohir memberikan tips dan kisi-kisi agar bisa lolos dan bekerja di perusahaan plat merah.

HELOINDONESIA.COM - Peluang Erick Tohir menjadi bakal Cawapres Parabowo Subianto terbuka lebar. Sebab, elektabilitas Menteri BUMN itu tengah moncer bahkan melampaui Muhaimin Iskandar yang didorong PKB menjadi cawapres Prabowo.

Oleh sebab itu, Pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan menyarankan sebaiknya, Imin bisa legowo menerima Erick Tohir untuk mendamping Parabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Terlebih peluang Erick berdasarkan hasil survei politik menempati posisi teratas. 

Belum lagi, dukungan dari partai lain seperti PAN yang juga mengharapkan Erick Tohir sebagai bakal Cawapres akan menambah kekuatan politik untuk kubu Prabowo dan cak Imin. 

"Dalam deretan nama Cawapres, elektabilitas Erick Thohir selalu masuk tiga besar. Di luar itu, Erick sendiri juga diendorse oleh PAN sebagai cawapres," kata Yusak kepada wartawan, Rabu (21/6/2023).

Baca juga: Muhammadiyah Gandeng USAID Luncurkan Perluasan Pelibatan Empat Rumah Sakit Rujukan TBC

Meski demikian, Yusak menyarankan agar di internal Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIRR) dibangun kesepakatan bersama. Apalagi, PKB sudah mengultimatum parpol yang ingin merapat ke Koalisi KIRR harus menerima Muhaimin sebagai 'pengantinnya'.

"Soal peluang Erick menjadi Cawapres Prabowo, tentu kembali pada sikap politik Muhaimin Iskandar sebagai pemegang golden tiket cawapres di koalisi KKIR," ucap dia.

Menurut dia, kesepakatan tersebut tentu harus ada saling memnahami bahwa sepanjang kepentingan Cak Imin bisa tergaransi, Erick bisa saja menjadi cawapres Prabowo. 

Baca juga: Sebut Tak Lama Lagi Anies Baswedan Tersangka Korupsi, Denny Indrayana Bikin Hipotesa Pemilu 2024 Ditunda

Selain itu Dekan FISIP Universitas Soetomo meyakini cak Imin dan PKB harus didekati dengan baik oleh Erick Tohir karena PKB juga menjadi salah satu mesin politik yang dapat menunjang perolehan suara Prabowo Subianto dan Erick Tohir. 

"Meskipun Cak Imin paling berpeluang menjadi cawapres Prabowo, namun bargaining cawapres saya kira bukan harga mati alias bisa dinegoisasikan ulang. Sepanjang barter kepentingan antara Cak Imin dan Erik tercapai, maka terbuka kemungkinan Erick menjadi cawapres Prabowo," pungkasnya.