bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Sidang Paripurna Kabinet Terakhir Presiden Jokowi di IKN: Jangan Munculkan Gejolak!

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Politik
2 jam 4 menit lalu
    Bagikan  
Pesan Jokowi
Ist.

Pesan Jokowi - Dalam masa transisi, Presiden Jokowi meminta jajaran kabinet jangan membuat riak hingga akhir pergantian kepemimpinannya.

HELOINDONESIA.COM -  Ada wejangan terakhir dari sidang kabinet yang digelar Presiden Joko Widodo, yakni meminta jajaran kabinet mendukung transisi pemerintahan hingga berganti ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Hal tersebut dikemukakan Presiden Jokowi saat sidang kabinet paripurna terakhir di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Jumat (13/9/2024).

Kepada seluruh menteri, Jokowi memberikan arahan khusus sebelum pergantian Presiden pada 20 Oktober 2024.
Pertama, kata Jokowi yaitu penyelesaian program kerja utama.

"Segera tuntaskan di bulan terakhir ini program kerja utama yang sudah dimulai baik berkaitan dengan serapan, administrasi pertanggung jawaban, dan kendala yang belum terselesaikan," ungkap Jokowi dikutip dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Ada 3 Sektor Penolong Ekonomi, dari Badai PHK: Cek Apa Saja

Jokowi meminta selanjutnya jajaran kabinet mendukung transisi pemerintahan hingga berganti ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Kita semua harus mendukung penuh program presiden terpilih pastikan transisi pemerintahan berjalan efektif jika diperlukan regulasi baru, jika diperlukan perumusan kebijakan yang harus segera dibuatkan segera dibuatkan segera diselesaikan, utamanya untuk program-program unggulan presiden terpilih," ujarnya.

Jokowi ingin pemerintahan baru bisa langsung bekerja untuk mengejar target-target yang sudah ditetapkan.

"Ketiga, menjaga situasi yang kondusif kita butuh stabilitas untuk tetap tumbuh, kita butuh untuk melakukan pembangunan. Sehingga pastikan jangan sampai ada riak-riak gejolak sampai pemerintahan berikutnya terbentuk," terang Jokowi.

Baca juga: Tan Kiong An, Pebiliar Gaek Berusia 74 Tahun yang Sumbang Emas untuk Jateng di PON

Stabilitas tersebut meliputi menjaga daya beli masyarakat, inflasi, pertumbuhan ekonomi serta keamanan dan ketertiban. Jokowi juga meminta agar kabinet tidak mengeluarkan aturan ekstrem yang mengganggu hajat hidup prang banyak.