bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pengamat Nilai Elektabilitas Prabowo Terkerek Naik Imbas Endorse Jokowi

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Kamis, 25 Mei 2023 20:52
    Bagikan  
Prabowo Subianto
Foto : (IG)

Prabowo Subianto - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Elektabilitas capres Prabowo Subianto saat ini tengah moncer. Survei Litbang Kompas terbaru elektabilitas Ketua Umum Gerindra itu mencapai 24,5 persen.

Analis Politik Sekaligus CEO & Founder Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan meningkatnya elektabilitas Prabowo tersebut tidak lepas dari Endorse Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bisa faktor variabel endorse-nya pak Jokowi juga cukup signifikan pengaruhnya terhadap pak Prabowo," ujar Pangi saat dihubungi, Kamis (24/5/2023).

Baca juga: Deltra FC Sidoarjo Kini Milik AcademyTrainning Camp Standar International

Selain itu, Pangi bertambahnya elektabilitas Prabowo didorong dari jabatannya saat ini sebagai Menteri Pertahanan. "Variabel nya tentu saja karena pak Prabowo punya panggung sebagai menteri pertahanan," ungkapnya.

Meski demikian, Pangi memprediksi persaingan baal capres antara Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bakal semakin jetat. Sebab, hingga kini, belum ada kandidat yang mencapai angka 60 persen dalam survei politik.

"Dari elektabilitas capres sejauh ini, belum bisa dipastikan siapa yang bakal unggul, karena masih belum berada diangka atau tidak ada capres satu pun yang melewati angka psikologis 60 persen, bahkan 30 persen saja belum tercapai," lanjutnya.

Baca juga: Gak Kapok-kapok Nyapres Gagal Terus, Prabowo dapat Simpati dari Generasi Z: Beliau Gigih!

Seperti diketahui, berdasarkan survey Litbang Kompas, pada Mei 2023, Prabowo kokoh di urutyan pertama dengan 24,5%, sementara Ganjar di angka 22,8% dan Anies dengan 13,6%.

Litbang Kompas melaksanakan surveinya dengan metode wawancara tatap muka sepanjang 29 April – 10 Mei 2023. Survei ini melibatkan 1.200 responden dari 38 provinsi di Indonesia.