bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Aparat Keamanan Jaga Ketat Jokowi Resmikan Pasir Gintung

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
Senin, 26 Agustus 2024 09:25
    Bagikan  
X
Helo Lampung

X - Aparat keamanan koordinasi jaga keamanan Presiden Jokowi (Foto Hakim/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM --- Aparat keamanan menjaga ketat jalan Presiden Jokowi menuju peresmian Pasar Pasir Gintung di Jalan Pisang, Pasar Pasir Gintung, Kelurahan Palapa, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Senin (26/8/2024).

Presiden Jokowi punya dua alternatif jalan menuju pusat Kota Bandarlampung, yakni Jl. ZA Pagar Alam atau Jl. Pramuka untuk menghindari kemacetan.

Pantauan Helo Indonesia, pengamanan semakin ketat menuju arah Jl. Imam Bonjol dan Jalan Pisang. Dijadwalkan, Presiden Jokowi datang pada pukul 11.30 WIB.

Dandim 0410/KBL Kolonel Tan Kurniawan memberikan pengarahan kepada personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Damkar, BPBD, dan Disdag di halaman Pasar Pasir Gintung.(Hajim)

Menurutnya, pasar tradisional modern terlengkap yang baru direvitalisasi dari APBN senilai Rp24 miliar itu mampu menampung 300 pedagang din Jl. Pisang, Tanjungkarang Barat.

"Para pedagang akan berjualan beragam bahan pokok yang akan menempatinya sudah terdaftar," kata Kepala Dinas Perdagangan Wilson Faisol kepada Helo Indonesia, Rabu (14/8/2028).

Kementerian PUPR telah menyerahkan pengoperasian Pasar Pasir Gintung ke Pemkot Bandarlampung (Balam). Pemkot Bandarlampung.

Ditambahkan Wilson, untuk sewa lapak, para pedagang dikenakan biaya Rp500 ribu sedangkan kios Rp5 juta per tahun sesuai Perwali No 15 Tahun 2024.

Soal listriknya, kata dia, masing-masing pedagang yang akan memasang instalasinya. Ada pedagang yang tak mau pasang listrik ya tak masalah, ujarnya.

Di dalam pasar, sudah tersedia lapaknya. Namun untuk mejanya belum ada. Paguyuban para pedagang berinisiatif membuat agar seragam warna maupun ukurannya 1 meter X 0.5 meter seharga Rp 650 ribu per lapak.

Yang penting, katanya, paguyuban tidak melakukan pemaksaan kepara pedagang pasar yang gedungnya telah selesai pada akhir bulan lalu.

Terkait peresmian, pihaknya masih menunggu kejelasan dari Pemerintah Provinsi Lampung dan Pusat, Presiden atau Wakil Presiden ýang bakal meresmikannya.

"Kami sudah melaporkan pembangunannya sudah jadi. Nanti kalau pedagang sudah masuk kami laporkan lagi. "Terkait peresmiannya, kami tunggu intruksi pihak terkait," tandasnya.

Presiden Joko Widodo yang memerintahkan merevitalisasi pasar. Dinas PU Provinsi terlihat luas, kokoh dengan cat berwarna biru lengkap berlogo Pekerjaan Umum (PU). (Hajim)