bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

PDIP Meminang Airin di Pilkada Banten, Tidak Mendapat Restu Golkar

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Politik
Minggu, 25 Agustus 2024 22:56
    Bagikan  
Pilkada Banten
Ist

Pilkada Banten - Airin Rachmi Dyani diumumkan sebagai calon gubernur di Pilkada Banten besutan PDIP.

TANGERANG, HELOINDONESIA.COM - Airin Rachmi Diany sudah bisa tersenyum lega. Pinangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada mantan Walikota Tangerang Selatan ini membuka lebar peluang kembali berlaga di Pilkada Banten.

Sebelumnya, harapan Airin sempat tenggelam lantaran Partai Golkar tempat ia bernaung selama ini melabuhkan pilihan pada Andra Sony-Dimyati Natakusumah yang disetujui KIM (Koalisi Indonesia Maju).

Partai berlambang moncong putih itu menetapkan secara resmi Airin sebagai calon gubernur (Cagub) berpasangan dengan Ade Sumardi sebagai calon wakil guberner (Cawagub)  pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Banten tahun 2024.

Dukungan kepada pasangan Airin-Ade itu dibacakan dalam acara Deklarasi Banten Maju Bersama di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, pada Minggu (25/8/2024). Selain Airin-Ade, pada kesempatan sama, PDI Perjuangan juga menyerahkan surat B1 Parpol KWK kepada delapan pasangan bakal calon bupati/wakil bupati dan bakal calon wali kota/wakil wali kota se-Provinsi Banten.

Baca juga: Pemakai dan Pengedar Sabu ini Berhasil Diamankan Sat Res Narkoba Polres Dairi

Pasangan calon kepala daerah yang didukung PDIP untuk Pilkada Serentak 2024 di Banten masing-masing Ratu Ria-Subadri Ushuludin (Kota Serang), Robinsar-Fajar Hadi Prabowo (Kota Cilegon), Sahrudin-Maryono Hasan (Kota Tangerang), dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan (Kota Tangerang Selatan).

Selanjutnya, Andika Hazrumi-Nanang (Kabupaten Serang), Hasbi Jayabaya-Amir Hamzah (Kabupaten Lebak), Fitron-Diana (Kabupaten Pandeglang), Mad Romli-Irvansyah (Kabupaten Tangerang). 

"Kesimpulan yang kami laporkan kepada Ibu Megawati bahwa berdasarkan serap aspirasi dari teman-teman PAC, Ranting, DPC, DPD, mereka mengusulkan agar melakukan kerja sama politik dengan Partai Golkar yang mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dari Provinsi Banten," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah dalam Deklarasi Banten Maju Bersama.

Ia mengatakan pemberian rekomendasi dukungan parpol kepada seluruh bakal calon kepala daerah pada Pilkada 2024 di Banten ini merupakan hasil kesepakatan bersama dari mulai tingkat Ranting, DPC hingga DPD PDIP.

Baca juga: KPK Respon Dugaan Gratifikasi Ketua IKA FH Unila Asri Agung

PDIP mendukung Airin pada Pilkada Banten secara mandiri karena melihat tidak ada dukungan dari Partai Golkar.

"Sampai akhirnya kami mendengar dari beberapa sumber teman-teman di DPP Golkar yang nada-nadanya kami menangkap kesan untuk mengambil skema politik yang lain di Provinsi Banten. Akhirnya kami sempat berpikir ulang, apakah PDIP harus menerima nasib seperti di DKI Jakarta, ditinggalkan, tidak punya mitra politik," ujar Basarah.

Sementara itu, bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany menyampaikan rasa syukur atas pemberian dukungan dari PDIP untuk maju dalam perhelatan Pilkada Banten.

Airin berharap adanya dukungan dari PDIP ini menjadi jalan terbaik untuk masuk Pilkada Banten.

Baca juga: Bupati Eistianah Didampingi Gus Bad Maju Pilkada Demak 2024

"Mudah-mudahan (surat) B1 KWK tetap di saya. Tetapi apa pun itu namanya politik kita, selaku kader Partai Golkar memahami dinamika yang terjadi," ucapnya.

Airin juga mengaku bisa memahami dinamika politik yang terjadi di Partai Golkar, terlepas dirinya sudah menjalani segala tugas yang diperintahkan Partai Golkar.

"Segala kekurangan atas kemarin surat penugasan untuk mencari pasangan calon wakil sudah dilakukan dan saya dapat Pak Ade serta SK sudah keluar pada zaman Pak Airlangga," tuturnya.