bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kepolisian Kerahkan Ribuan Anggota Guna Jaga Demonstrasi di KPK dan DPR/MPR

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Politik
Jumat, 23 Agustus 2024 11:13
    Bagikan  
Unjuk Rasa
heloindonesia

Unjuk Rasa - Kepolisian mengerahkan petugas di lapangan guna mengamankan unjuk rasa di gedung KPU dan DPR/MPR.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Polri mengerahkan 5.012 personel gabungan UNTUK mengamankan aksi dan mengawal beberapa elemen massa dan Mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR RI dan KPU RI.

"Dalam rangka pengamanan aksi elemen massa dan Mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR RI dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 3.719 personel gabungan dan di depan KPU RI melibatkan 1.293 personil," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, pada Jumat (23/8/2024).

Personel gabungan tersebut dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait.

Susatyo menyebut, personel keamanan nantinya akan ditempatkan di sekitar Gedung DPR RI dan KPU RI untuk mencegah massa masuk ke dalam gedung ataupun menutup jalan tol yang berada di depan Gedung DPR.

Baca juga: Ribuan Mahasiswa Lampung Aksi Kawal Putusan MK ke DPRD Lampung

Terkait penutupan arus lalu lintas di sekitar gedung DPR RI dan KPU RI kata Susatyo nantinya bersifat situasional. Rekayasa arus lalu lintas juga akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika di lapangan.

"Bila nanti di depan DPR RI massa cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan penyekatan di Pulau Dua," ucap Susatyo.

Lebih lanjut, Susatyo menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengutamakan negosiasi dan pelayanan secara humanis.

Lalu, Susatyo mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan peserta aksi untuk melakukan aksi dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan aksi dapat berjalan aman dan tertib sesuai harapan semua.

Baca juga: bank bjb Jalin Kerja Sama Pemanfaatan Program DPLK dengan Bank SulutGo

"Susatyo juga menyebutkan, personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api dan tetap menghargai massa aksi yang akan menyampaikan pendapatnya," ujar Susatyo.

Selesai apel seluruh pasukan diadakan pengecekan dan penggeledahan oleh Danton dan Danki untuk memastikan anggota yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api.