bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Partai Nonparlemen Usung Sendiri Cawakot Balam dan Cabup Lampura

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
Kamis, 22 Agustus 2024 21:01
    Bagikan  
PILKADA
Helo Lampung

PILKADA - Aan dan. yondei

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Tujuh partai nonparlemen -- Partai Buruh, Gelora, PKN, Garuda, PBB, Perindo, dan Ummat -- konsolidasi untuk mengusung calon kepala daerah di Kota Bandarlampung (Balam) dan Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

Di Kota Bandarlampung, total suara yang diperoleh pada waktu Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, partai nonparlemen mendapatkan 7,69 persen suara dan lebih hebatnya lagi Kabupaten Lampung Utara mendapatkan 16 suara.

"Kedua daerah tersebut bisa mengajukan calon sendiri," katanya kepada Helo Lampung, Kamis (12/8/2024). Untuk bakal calon gubernur, koalisi dengan partai parlemen," ujar Yandri dari Perindo Lampung, .

Konsolidasi partai nonparlemen dipimpin dan di rumah Ketua Koalisi Partai Nonparlemen (KPNP) Lampung Abdullah Fadri Auli di Telukbetung, Kota Bandarlampung, Rabu malam. (11/8/2024),

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menurunkan ambang batas pencalonan kepala daerah dari 20 persen kursi Pileg 2024 menjadi 7,5 persen, kata Yandri dari Partai Perindo Lampung, kepada Helo Indonesia, Kamis (22/8/2024).

Dia meminta partai nonparlemen yang tergabung dalam Koalisi Partai Nonparlemen (KPNP) Lampung segera konsolidasi agar dapat berpartisipasi aktif dengan mengusung cakada yang bisa memajukan daerah.

Tujuh partai nonparlemen yang tergabung dalam Koalisi Partai Nonparlemen (KPNP) Lampung Bersatu konsolidasi buat menyiapkan pencalonan kepala daerah di Lampung.

Ketujuh partai nonparlemen itu adalah Partai Buruh, Gelora, PKN, Garuda, PBB, Perindo, dan Ummat. "Kumpul untuk menyikapi putusan MK," kata Yandri dari Partai Perindo kepada Helo Lampung, Kamis (22/8/2024).

Abdullah Fadri Auli, ketua KPNP, mengatakan kepada Helo Indonesia, partai nonpartai sepakat berpedoman pada KPNP, tidak berpedoman pada keputusan politik di DPR. "Kami menunggu Peraturan KPU (PKPU)," ujarnya.

Kata ketua DPW Partai Ummat Lampung itu, konsolidasi partai nonparlemen telah digelar di rumahnya, Rabu malam (21/8/2024). Ada tiga partai yang belum bisa hadir, yakni PPP, Hanura dan PSI.

"Insya Alloh solid, sudah lama berkomitmen untuk berkoalisinya partai-partai nonparlemen di Lampung," kata Sekretaris DPW Perindo Lampung Gunawan Hamid di Kantor Helo Indonesia, Kamis sore (22/8/2024). (HBM)


 -