bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

40 Anggota Dewan Pesawaran Resmi Dilantik, Ini Daftar Namanya

Selasa, 20 Agustus 2024 17:56
    Bagikan  
40 Anggota Dewan Pesawaran Resmi Dilantik, Ini Daftar Namanya

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Gedongtataan Patriarini Meningsih Ritonga saat pelantikan anggota DPRD Pesawaean.

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - - Sebanyak 40 anggota DPRD Pesawaran periode 2024-2029 hasil Pemilu 2024 resmi dilantik dengan diambil sumpah dan janji dalam Rapat Paripurna Istimewa di ruang sidang DPRD setempat.

Pengambilan sumpah dan janji tersebut dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Gedongtatan Patriarini Meningsih Ritonga dengan disaksikan rohaniawan perwakilan agama Islam dan agama Katholik.

Setelah dilakukan pengambilan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah dan penyematan lencana DPRD oleh Ketua PN Gedongtataan Patriarini Meningsih Ritonga. 

Kemudian, dalam sidang itu pula ditunjuk Ketua dan Wakil Ketua sementara yang berasal dari dua partai politik yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilu 2024 lalu. Keduanya adalah Achmad Rico Julian dari Partai Gerindra, dan Wakil Ketua M. Nasir dari Partai NasDem. Keduanya akan memimpin sebagai Pimpinan DPRD sampai terbentuknya pimpinan definitif.

Ketua DPRD Pesawaran sementara, Ahmad Rico Julian mengatakan, jabatan sebagai anggota DPRD adalah sebuah amanah besar yang diberikan masyarakat Kabupaten Pesawaran.

Kerenanya, Rico mengajak kepada seluruh anggota DPRD yang baru untuk bisa bertanggungjawab terhadap amanah besar tersebut.

"Atas nama DPRD Pesawaran, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja secara maksimal dalam menyukseskan Pemilu 2024. Sinergi dan dukungan dari semua pihak tentu sangat kami harapkan, tentu dalam memajukan Pesawaran kedepan," kata Rico, Selasa (20/8/2024).

Sementara, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI M. Tito Karnavian meminta kepada seluruh anggota DPRD yang baru dilantik untuk menempatkan kepentingan publik diatas kepentingan golongan.

Karena dalam menjalankan tugas, anggota DPRD diawasi penegak hukum juga lembaga pengawas KPK, BPK, BPKP dan lembaga pengawas lainnya.

"Perlu digaris bawahi sebesar apapun kepentingan partai politik saudara, hendaknya tempatkan kepentingan publik diatas kepentingan pribadi maupun golongan," kata Dendi.

Ia mengajak para anggota DPRD Pesawaran untuk memaknai tugas dan fungsi anggota DPRD sesuai amanat pasal 96 UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dijelaskan ada tiga fungsi yang dimiliki anggota DPRD yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

"Hal itu wajib difahami oleh anggota DPRD, termasuk salah satu fungsi pengawasan dapat dilakukan dengan baik sehingga akan tercipta check and balances dalam penyelenggaraan pemerintah di daerah," ujarnya.

Dendi juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota DPRD Pesawaran yang baru dilantik. Dan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam Pemilu 2024.

Daftar nama-nama anggota DPRD Pesawaran periode 2024-2029 yang diambil sumpah dan janji adalah:

*Dapil 1*

1. Arif Munandar, S.H (Partai Golkar)
2. Atut Widiarti, S.Sos (PKS)
3. Maya Afrida Yuska, S.E., M.M (NasDem)
4. Bumairo (Demokrat)
5. Evi Susina, S.H (Gerindra)
6. Harianto (PAN)
7. Aria Guna, S.Sos.I., M.M (PDIP)
8. Devita Sahara, S.Kom (PKB)
9. Herlan (PPP)

*Dapil 2*

1. Paisaludin, S.H (PAN)
2. H. Teguh Santoso, S.E (PKB)
3. Sarwoko (PDIP)
4. Yusak, S.H., M.H (Golkar)
5. Lenida Putri, S.I.P (Gerindra)
6. Jatu Prima Widia Saputri (NasDem)

*Dapil 3*

1. M. Nasir, S.Kom., M.M (NasDem)
2. Eko Saputra (Gerindra)
3. Rahmatullah, S.P., M.M (PPP)
4. Wanda Arista, S.H (PDIP)
5. Zulkarnain (PKB)

*Dapil 4*

1. Suprapto (PDIP)
2. Fahmi Pahlevi, S.Pd (NasDem)
3. Muhammad Rinaldi (Gerindra)
4. Saifudin, S.H (PAN)
5. M. Teguh Santoso (PKB)

*Dapil 5*

1. Yasser Syamsurya Ryacudu (Partai Demokrat)
2. Achmad Rico Julian (Gerindra)
3. Yulian Nursasongko (PDIP)
4. Drs. Sumaryono (NasDem)
5. Yuhedi (Golkar)
6. A. Gunawan (PKS)

*Dapil 6*

1. Rudianto, S.E (Gerindra)
2. Dedi Wahyudi (Golkar)
3. Trisna Mahardika (NasDem)
4. Hendra Gunawan, S.E (PPP)
5. Harno Irawan (PDIP)
6. Subhan Wijaya, S.Kom (Demokrat)
7. Rudi Adriansyah, A.Md (PKB)
8. Saptoni, S.H (PAN)
9. Riza Fahlevi (Gerindra)

(Rama)