bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Merombak Kabinet Jelang Lengser, Jokowi Kian Dekat ke Prabowo Renggang Dengan Megawati

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Politik
3 jam 5 menit lalu
    Bagikan  
Presiden Joko Widodo
Aris Mohpian Pumuka

Presiden Joko Widodo - Presiden Joko Widodo melakukan perombakan Kabinet.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Lawan-lawan politiknya boleh beranggapan Presiden Joko Widodo akan lemah secara politik. Buktinya, jelang tiga bulan lengser Jokowi malah lakukan reshuffle kabinet.

Ada tujuh pejabat yang dilantik hari ini, kepala badan hingga menteri. Pelantikan itu digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024). Selain melantik pejabat baru, Jokowi juga melakukan perombakan di jajaran Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Total, ada tujuh pejabat yang dilantik Jokowi hari ini. Pelantikan tersebut digelar pukul 09.30 WIB hari ini.

Berikut daftar Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan yang dilantik Jokowi:

Baca juga: Jadwal Lengkap Fase Grup Persib Bandung di AFC Champions League Two, Mulai Bulan September 2024

1.⁠ ⁠Supratman Andi Agtas jadi Menkumham RI
2.⁠ ⁠Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM
3.⁠ ⁠Rosan Roeslani jadi Menteri Investasi
4.⁠ ⁠Angga Raka Prabowo Jadi Wamenkominfo
5. Prof Dadan Hindayana jadi Kepala Badan Gizi
6.⁠ ⁠Hasan Nasbi jadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan
7.⁠ ⁠Taruna Ikrar jadi Kepala BPOM.

Yang menarik dari perombakan kali ini, ada dua menteri dari PDIP diganti. Yakni, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasona Hamonangan Laoly diganti Supratman, yang merupakan kader Partai Gerindra.

Yang kedua, adalah Menteri Energi Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif adalah bawaan PDIP digantikan oleh orang dekat Jokowi, yakni Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat Menteri Investasi.

Sementara itu, Angga Raka yang berasal dari Gerindra akan membantu Menkominfo Budi Arie Setiadi, melaksanakan tugas di Kominfo. Budi mengatakan Kominfo memiliki tugas yang sangat berat.

Baca juga: Tidak Ada Dualisme Pengurus PWI Pusat, Hendry Ch Bangun Tetap Ketua Umum PWI Pusat 2023-2028

"Tugas Kementerian Kominfo sangat berat. Sejumlah hal yang harus dituntaskan dalam waktu singkat," kata Budi kepada wartawan, pada Senin (19/8).

Menurut Budi, tugas Kominfo yang harus segera selesai. Seperti membuat aturan turunan dan kelembagaan untuk pelaksanaan UU Pelindungan Data Pribadi.

Lalu, melakukan percepatan pemberantasan judi online, perbaikan arsitektur dan tata kelola data nasional “Juga, kerja lain adalah pemanfaatan AI untuk pelayanan public,” ujar Budi Arie.

Sementara itu, Badan Gizi Nasional merupakan lembaga yang baru dibentuk Presiden Jokowi pada 15 Agustus 2024. Lembaga ini dibentuk Jokowi lewat Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2024 tentang Badan Gizi Nasional.
Badan Gizi Nasional dipimpin oleh seorang Kepala yang kini telah sah dijabat oleh Dadan Hindayana.

Baca juga: Si Bapak, Merdeka!

Dadan akan bertugas memimpin dan bertanggung jawab atas tugas di lembaga ini. Dadan juga akan dibantu banyak deputi untuk melaksanakan tugas-tugas Badan Gizi Nasional.

Taruna Ikrar dilantik sebagai Kepala BPOM definitif setelah Penny K Lukito mengakhiri tugasnya sebagai Kepala BPOM pada November 2023. Saat ini, jabatan Kepala BPOM diisi oleh pelaksana tugas, yakni Rizka Andalusia.

Untuk jabatan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dipercayakan kepada Hasan Nasbi. Seperti diketahui, ia adalah jubir (juru bicara) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam kontestasi Pilpres 2024 lalu.

Jabatan baru yang diemban pendiri lembaga survey Cyrus Networ ditetapkan Presiden Jokowi melalui Perpres. Pembentukan Kantor Komunikasi Kepresidenan dibentuk lewat Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2024, ditandatangani Jokowi pada 15 Agustus 2024 dan diundangkan pada hari yang sama.

Baca juga: Film Attack on Titan Akan Rilis Film di Bulan November 2024 ! Akan Bercerita Tentang Apa ?

Lembaga ini dibentuk dalam rangka mewujudkan efektivitas penyelenggaraan komunikasi dan informasi strategis Presiden secara sinergis dan terpadu.

"Kantor Komunikasi Kepresidenan adalah lembaga nonstruktural yang dibentuk oleh Presiden untuk melaksanakan komunikasi dan informasi kebijakan strategis dan program prioritas Presiden," demikian bunyi Pasal 1 poin 1 Perpres ini.

Dengan perombakan cabinet terbaru ini, terlihat hubungan Jokowi dan Ketua Umum Megawati semakin renggang. Apalagi orang dekat Jokowi Bahlil, konon telah disiapkan menggantikan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar pada Musyawarah Nasional ke-11 pada Selasa besok (20/8/2024).

Airlangga, yang mundur dari Ketua Umum Golkar pekan lalu, terlihat cipika-cipiki dengan Bahlil. Setelah itu, Bahlil dan Airlangga terlihat salam komando.

Baca juga: Viral di TikTok, Tips Buat Cewek Tipe Cowok yang Tidak Perlu Kamu Respon Pakai Perasaan