bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Sepulang Diundang DPP PDIP, Eva Kembali Berkerudung Merah

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
3 jam 44 menit lalu
    Bagikan  
PDIP
Helo Lampung

PDIP - Wali Kota Eva usai pengukuhan Paskibra (Foto Hajim/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Sepulang diundang DPP PDIP, Eva Dwiana kembali memakai hijab warna merah. Sekitar dua bulan terakhir, Wali Kota Bandarlampung ini merubah warna kerudung merahnya dari hitam atau warna selain merah.

Apakah ini kode atau tanda-tanda dari sang petahana bakal mendapatkan rekomendasi kembali dari DPP PDIP dalam pencalonannya sebagai wali Kota Bandarlampung periode keduanya 2024-2029?

Dikonfirmasi banyak pihak, semuanya tak mau komentar terkait pemanggilan Eva Dwiana ke DPP PDIP di Jakarta, Rabu (14/8/2024). Dia berangkat mendadak Selasa malam (13/8/2024).

Tak seperti pernyataan sebelumnya, Dikonfirmasi Helo Indonesia, Jumat (16/8/2024), Ketua DPC PDIP Kota Bandarlampung Wiyadi mengatakan ada tiga nama yang moncer bakal calon wali kota yang dikirim ke DPP PDIP, yakni Eva Dwiana, Reihana, dan Iqbal Ardiansyah.

"Untuk survei, Eva Dwiana tertinggi lalu diikuti Reihana dan Iqbal Ardiansyah," katanya. Bahkan, Jumat (26/7/2024), Ketua Tim Penjaringan PDIP Lampung, Watoni Nurdin mengatakan surat tugas mengerucut ke Iqbal Ardiansyah.

Padahal, ada petahana Eva Dwiana yang juga kader PDIP. Soal hijab warna merah, Eva Dwiana konsisten berkerudung merah, warna partainya, PDIP, hingga jelang HUT ke-342 Kota Bandarlampung, Jumat (14/6/2024).

Pada HUT ke-342 Kota Bandarlampung, baleho atau banner sudah tak dominan lagi dan kerudungnya juga tidak lagi warna merah. Eva lebih sering terlihat pakai kerudung merah.

Sepulang memenuhi undangan DPP PDI, Jumat (16/8/2024), Eva Dwiana terlihat kembali pakai kerudung warna merah pada saat pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Aula Semergou.

Apakah ini bertanda Eva didukung kembali Partainya? Yang pasti, tinggal PDIP yang belum mengumumkan bakal calon wali Kota Bandarlampung. Partai ini memiliki enam kursi sehingga harus koalisi.

Sisa PDIP lagi untuk Pilwalkot Bandarlampung yang belum menentukan pilihannya. Dengan enam kursi, partai ini tak bisa mengusung sendiri, harus bergabung ke Reihana- Pandu atau Eva Dwiana-Deddy.

Reihana-Pandu Kusuma Dewanga sudah bisa berlayar hanya dengan 10 kursi Partai Gerindra. Eva Dwiana-Deddy Amarullah dengan 34 kursi dari NasDem (7), PKB (5), Demokrat (5), PKS (7), Golkar (6), dan PAN (4).

PDIP lagi yang belum menentukan pilihannya apakah akan merapat ke Reihana atau kembali ke kadernya sendiri, Eva Dwiana. Petahana sendiri sudah diundang ke DPP PDIP, Jakarta, sejak Rabu (14/8/2024).

Namun, hingga Kamis (15/8/2024), belum ada kabar dari DPP PDIP. Malah, pada pengumuman dukungan kepada para calon kepala daerah, Lampung belum disebutkan pada pengumuman cakada tahap pertama itu.

Ada suara bisik-bisik, PDIP Lampung menghendaki bisa bergabung dengan Reihana yang didukung partai yang sukses mengantarkan ketumnya jadi presiden RI, Prabowo Subianto.

Namun, dikonfirmasi Helo Indonesia, Rabu (14/8/2024), Sekretaris PDIP Sutono mengatakan masih dalam proses DPP PDIP. Dia juga belum tahu detail prosesnya. Sejauh ini, PDIP baru mendukung cawagub Umat Ahmad. (Hajim)

 -