bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

50 Anggota DPRD Kabupaten Semarang Resmi Dilantik

Arief Djoko Lelono - Nasional -> Politik
Selasa, 13 Agustus 2024 19:08
    Bagikan  
pengucapan sumpah janji jabatan
foto.Arief

pengucapan sumpah janji jabatan -

UNGARAN,HELOINDONESIA.COM -Sebanyak 50 caleg terpilih resmi dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Kabupaten Semarang masabakti 2024-2029.

Pelantikan itu dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Pemprov Jateng melalui surat penetapan calon legislatif terpilih yang dikirim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang kepada Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati.
Dari 50 anggota DPRD yang dilantik, PDIP meraih 18 kursi sekaligus menjadi yang terbanyak. Posisi kedua ditempati PPP sebanyak enam kursi, PKB dan Nasdem, masing-masing lima kursi, Golkar, Gerindra, dan PKS empat kursi, PAN dua kursi, serta Demokrat dan Hanura satu kursi.

Kader PDIP, Bondan Marutohening dan kader PPP Mustahfirin ditunjuk menjadi pimpinan dan wakil pimpinan DPRD Kabupaten Semarang untuk sementara.

Baca juga: Jelang Pilkada 2024, Polda Metro Jaya Gelar Apel Operasi Mantap Praja

Pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Semarang ini ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji jabatan yang dipimpin Hakim Suyuti, SH dari Pengadilan Negeri Kabupaten Semarang.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati, H. Basari menyampaikan permintaan maafnya atas ketidak hadiran Bupati Ngesti Nugraha yang sedang melaksanakan kegiatan di IKN.

Basari juga menekankan pada anggota DPRD yang baru, untuk bekerja secara maksimal, transparan dan akuntabel dan mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

“Karena itu, kebijakan yang diambil harus mengutamakan manfaat publik dan pelayanan kepada masyarakat luas,”kata Basari, Selasa (13/8/2024).

Baca juga: PKS merapat ke KIM, Nasib Anies Baswedan Terancam di Pilkada Jakarta 2024

Pelantikan yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna, Gedung A Komplek Gedung DPRD Kabupaten Semarang ini dihadiri anggota Forkopimda, Sekda Kabupaten Semarang, Djarot Supriyoto, pimpinan OPD dan Ketua TP. PKK. Hj. Peni Ngesti Nugraha serta tamu undangan keluarga dewan terlantik.(Arief Djoko).