bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Agus Fatoni Siap Berhentikan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian Bila Maju Cakada Batubara

Lilik Riadi - Nasional -> Politik
2 jam 5 menit lalu
    Bagikan  
Agus Fatoni Siap Berhentikan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian
Lilik Riadi Dalimunthe

Agus Fatoni Siap Berhentikan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian - Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni, siap memberhentikan Baharuddin Siagian dari jabatan Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Wilayah Sumut

HELOINDONESIA.COM -

Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni, siap memberhentikan Baharuddin Siagian dari jabatan Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Wilayah Sumut.

Hal ini ditegaskan Agus Fatoni menjawab wartawan terkait adanya informasi bahwa kepala Dinas Pemuda dan Keolahragaan Sumut tersebut, telah mendaftar di enam partai politik untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 Kabupaten Batu Bara.

"Kita bekerja sistem, kita bekerja tim. Jika beliau (Baharuddin Siagian) mencalon, kita berhentikan dia dari ketua harian dan kadispora. Tentu harus digantikan," katanya dalam temu ramah dengan insan pers yang bertugas di lingkungan Pemprov Sumut, Jumat, 2 Agustus 2024.

Dijelaskan Agus Fatoni, bahwa semenjak dirinya diberi amanah sebagai Pj Gubsu oleh pemerintah pusat, langsung merombak susunan PB PON Wilayah Sumut.

"Begitu saya masuk, saya langsung ubah (susunan kepanitiaan). Apa yang saya ubah, kita masukkan unsur di dalam seperti saya ketua umum, wakil ketua umum ada pangdam, kapolda, kajati dan sekda. Unsur-unsur di dalamnya ada TNI/Polri, Jaksa dan pemerintah daerah dan unsur masyarakat," terang dia.

Menurut dia, lewat cara tersebut akan terbentuk kebersamaan dan kekompakan dalam menyukseskan agenda nasional di Sumut. Kemudian lebih memudahkan koordinasi yang dilakukan antar-bidang PB PON itu sendiri.

"Saya menyampaikan, kita bekerja tidak tergantung dengan orang. Saya pergi, ada orang yang nanti menggantikan. Begitupun Pak Bahar pergi tidak ada masalah, banyak pengganti, gak usah dikhawatirkan," ucap Agus Fatoni.

Kabar majunya Baharuddin Siagian dalam Pilkada Batu Bara 2024, rupanya sudah pernah sampai ke telinga Agus Fatoni. Diakui dia, bahwa berkali-kali Baharuddin Siagian menjawab tidak akan maju dalam pencalonan.

"Sepertinya tidak mencalon. Kalaupun mendaftar belum tentu juga dicalonkan. Saya tanya berkali-kali, katanya tidak. Mungkin cek ombak aja itu," ucapnya tersenyum.

Baharuddin Siagian saat dikonfirmasi terkait hal ini, justru bertanya balik kepada wartawan.

"Mantaplah. Siapa rupanya calon bupati itu?" tuturnya via pesan Whatsapp.

PON XXI Aceh-Sumut akan berlangsung dari 8-20 September 2024. Sedangkan untuk tahapan Pilkada serentak, pendaftaran pasangan calon akan dimulai pada 27-29 Agustus 2024, penetapan paslon pada 22 September 2024, dan pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November 2024.