Helo Indonesia

PKS Ungkap Mahfud Md Hingga Airlangga Masuk Dalam Bursa Cawapres Anies Baswedan

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Minggu, 21 Mei 2023 23:21
    Bagikan  
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaeni
Foto : Tangkapan Layar

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaeni - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Koalisi Perubahan tengah menggodok sejumlah nama cawapres Anies Baswedan. Sejumlah nama menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) Presiden Joko Widodo ikut menjadi kandidat pendamping Anies di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyebutkan adanya sepuluh nama tokoh nasional dengan diantaranya merupakan anak buah Jokowi dalam pembahasan intensif untuk dijaring mana yang layak untuk mengisi posisi cawapres koalisi perubahan.

"Kandidat-kandidat nya banyak, tapi kita bahas dulu di koalisi," kata dia, Minggu, (21/5/2023).

Baca juga: HUT DKI Jakarta ke-496, Sekda Ajak Warga Ikut Memeriahkan dan Menjaga Kota

Jazuli menerangkan, beberapa nama yang intensif dibahas, di antaranya Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menparekraf Sandiaga Uno, mantan gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum PKB Cak Imin.

"Semuanya tokoh bangsa. Mahfud MD masuk, Khofifah masuk, Aher (Ahmad Heryawan) masuk, Sandi (Sandiaga Uno) masuk, (Cak Imin, Airlangga) semua yang punya potensi masuk," tuturnya.

Jazuli mengungkapkan, selain nama-nama tersebut, Anies Baswedan ikut dilibatkan terkait pemilihan nama Cawapresnya. Bahkan Anies telah mengajukan beberapa nama cawapres ke tiga parpol koalisi untuk dibahas bersama-sama. "Kita lagi godok terus, lalu diserahkan ke Anies. Lalu Anies mengusulkan nanti kita bahas tiga partai, di mana catatannya. Ada beberapa nama (cawapres), tapi perlu didalami," ujarnya.

Baca juga: Rekayasa Kader Gerindra Dibongkar, Prabowo ke Solo Seolah Didukung Gibran, Ternyata Cuma Dihormati Sebagai Menteri

Jazuli juga berbicara terkait pertemuan Prabowo dan SBY di Pacitan, Jawa Timur, yang berlangsung Sabtu, (20/5 2023). Dikatakannya, PKS menyambut baik. Namun mereka mengaku tidak tahu isi pembicaraan tersebut.