Helo Indonesia

Mustasyar NU Alzier Prihatin Lampung Impor Bacaleg dan Petugas Haji

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Jumat, 19 Mei 2023 21:46
    Bagikan  
Alzier Dianis Thabranie

Alzier Dianis Thabranie - (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Mustasyar NU Provinsi Lampung M. Alzier Dianis Thabranie mengungkapkan keprihatinannya sekaligus sesuatu yang sangat memalukan bagi Lampung sampai "impor" bacaleg DPRD dan petugas haji Pemprov Lampung dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sangat keterlaluan, terkesan sangat merendahkan tokoh-tokoh agama daerah ini," kata putra almarhum H. Thabranie Daud, mantan ketua NU Lampung ketika dikonfirmasi Helo Indonesia Lampung, Jumat petang (19/5/2023).

Menurut Alzier, yang juga dikenal sangat dekat dengan almarhum Presiden ke-4 RI Gus Dur, dirinya mendesak agar petugas-petugas haji yang berbau nepotisme dan hanya berdasarkan koneksi karena dekat segera dibatalkan oleh Gubernur Arinal.

“Haji ini kan persoalan ibadah. Persoalan ibadah kok main-main kongkalikong begini. Kalau soal ibadah saja begitu, apalagi soal anggaran dan lain-lain,” tutur putra mantan Wali.Kota Bandarlampung periode 1969-1976.

Gubernur Arinal Djunaidi telah menetapkan 44 orang yang ditunjuk untuk menjadi petugas haji Provinsi Lampung dan kabupaten/kota tahun 2023.

Keputusan itu berdasarkan Surat Keputusan No G/,274/B.02/HK/2023 Tentang Penunjukan Petugas Haji Provinsi Lampung dan Kabupaten Kota Tahun 2023. Surat itu diteken Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tertanggal 2 Mei 2023.

Dalam SK itu terdapat 44 petugas. Mereka terdiri dari 9 petugas bimbingan ibadah, 24 petugas layanan umum, dan 12 petugas layanan kesehatan.

Adik ipar Chusnunia Chalim, Didiet Mardhiansyah Fitrah, yang tercatat sebagai petugas layanan umum.

Bakal calon anggota legislatif nomor urut satu PKB dari Dapil 8 Kabupaten Lampung Timur untuk DPRD Provinsi Lampung adalah Didiet Mardhiansyah Fitrah, adik ipar Wagub Lampung Chusnunia Chalim dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Didiet Mardhiansyah Fitrah menjadi bacaleg DPRD Provinsi Lampung berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat PKB No.18622/DPO/01/v/2023 yang ditandatangani Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar tertanggal 2 Mei 2023.

Di partai, Didiet Mardhiansyah Fitrah juga tercatat sebagai wakil sekretaris Dewan Tanfidz PKB NTB. Namun, namanya juga masuk dalam daftar caleg PKB DPRD Provinsi Lampung dari Dapil 8 Kabupaten Lampung Timur pada Pileg 2024 Lampung.

Didiet Mardhiansyah Fitrah juga masuk daftar Surat Keputusan No G/,274/B.02/HK/2023 tentang Petugas Haji Provinsi Lampung dan Kabupaten Kota Provinsi Lampung Tahun 2023 yang diteken Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada 2 Mei 2023.

Sebagai petugas haji, Didiet Mardhiansyah Fitrah tercatat sebagai salah seorang petugas pelayanan umum dari 44 petugas haji. Mereka terdiri dari 9 petugas bimbingan ibadah, 24 petugas layanan umum, dan 12 petugas layanan kesehatan.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) yang menyeleksi para petugas haji pada Rabu (25/1/2023). Tujuan seleksi agar mendapatkan petugas yang profesional. (HBM)