bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Disebut Sebagai Cawapres Ganjar, Begini Respon Nasruddin Umar

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Jumat, 19 Mei 2023 17:45
    Bagikan  
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasrudin Umar
Foto : Tangkapan Layar

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasrudin Umar - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar digadang-gadang masuk dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Namun Nasruddin mengaku masih fokus bekerja untuk umat dalam kegiatan keagamaan. Dia mengaku tidak memiliki mimpi menjadi pemimpin. "Saya hanya bekerja lillahi ta'ala menciptakan ketenangan," kata Nasaruddin di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2023).

Dia mengaku sejau h ini belum dihubungi pihak manapun baik parpol maupun tim pemenangan bakal capres termasuk pihak Ganjar Pranowo. "Faktanya memang saya tidak pernah bermimpi untuk menjadi pemimpin apapun," ucapnya.

Baca juga: KPU Gandeng MTA Untuk Antisipasi Isu Agama

Nasruddin lebih memilih bicara soal merawat kesatuan dan persatuan Indonesia. Menurut dia, menjaga kesatuan dan persatuan bangsa harus dilakukan semua stakeholder.

Untuk itu ia berharap kepada para pemimpin bangsa yang nanti terpilih dalam Pilpres 2024 harus bisa merangkul semua kalangan etnis, agama dan ras di Indonesia yang sangat beragam. 

"Prinsip saya tidak mungkin bangsa Indonesia ini besar kalau penuh dengan konflik. Maka itu kita rawat bangsa ini jadi yang harmonis," ujar Nasaruddin.

Baca juga: Buntut Gempa 7,7 SR, Pesisir Pantai di Kepulauan Pasifik Diterjang Tsunami

Sebagai pemuka agama, Nasaruddin mengatakan kewajibannya adalah melayani umat dengan baik dan benar. Memberikan pengetahuan sesuai dengan tuntutan Islam yang rahmatan lil alamin. 

"Saya pelayan umat, siapapun yang mengundang saya sering diajak juga ceramah di tempat ibadah lain, apalagi masjid. Bagi seorang pimpinan agama wajib melayani umat tidak boleh menolak," tandasnya. 

Diketahui, nama Nasaruddin Umar belakangan santer disebut-sebut bakal menjad cawapres Ganjar Pranowo. Ketua Majelis Pertimbangan PPP M. Romahurmuziy alias Rommy menyebut nama Nasaruddin sedang dikaji untuk mendampingi Ganjar.

"Kiai Nasaruddin Umar termasuk tokoh bangsa yang sedang kita elus-elus untuk menjadi cawapres Mas Ganjar," ucap Rommy dalam keterangan tertulis, Selasa (16/5/2023).