Helo Indonesia

Duet Dico - Raffi Ahmad Mencuat di Pilkada Jateng, Golkar Tunggu Hasil Survei

Jumat, 17 Mei 2024 13:43
    Bagikan  
Duet Dico - Raffi Ahmad Mencuat di Pilkada Jateng, Golkar Tunggu Hasil Survei

Dico Ganinduto dan Raffi Ahmad. Foto: IG/SC

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Nama Bupati Kendal Dico Ganinduto dan artis Raffi Ahmad santer diperbincangkan untuk dipasangkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jawa Tengah.

Kabar itu mencuat pasca-beredarnya video dan foto-foto yang menampilkan Raffi dengan Dico tengah melalukan sesi pemotretan, beberapa hari lalu. Dalam -foto itu, Raffi dan Dico tampak mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih, yang dipadukan dengan celana hitam dan peci hitam.

Baca juga: Maju Jadi Bacawagub Jateng, Istajib akan Ziarah ke Makam Mbah Maimun di Mekah

Namun Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menandaskan, pihaknya masih menunggu hasil survei terkait keputusan memasangkan nama Dico Ganinduto dengan publik figur Raffi Ahmad untuk tampil bakal cagub dan cawagub di Pilkada Jateng.

“Tergantung hasil surveinya,” kata Airlangga yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/5), seperti dikutip dari antaranews.com.

Airlangga menyambut baik sorotan publik terhadap wacana pasangan Dico-Raffi. Menurut dia, semakin banyak diperbincangkan maka hal tersebut semakin baik.

“Makin viral, itu semakin bagus,” tandasnya.

Baca juga: Voli Proliga, Popsivo Polwan Juara Putaran Pertama yang Tak Terkalahkan

Dia menyampaikan Partai Golkar melakukan survei pada Mei, Juni dan Juli 2024. Jika angka elektabilitas keduanya baik maka akan diteruskan.

“Kalau hasil bagus bakalan terus. Kalau hasil nggak bagus tarik lagi,” kata dia.

Dijelaskannya, Airlangga, Partai Golkar sudah mengeluarkan surat penugasan untuk Dico maju pada pilkada Jawa Tengah.


Fenomena Menarik

Sementara itu, pengamat politik Universitas Diponegoro Semarang, Teguh Yuwono menilai, kemunculan Raffi Ahmad yang diisukan maju bersama Dico Ganinduto di Pilkada Jateng adalah fenomena baru yang menarik.

"Apa yang sekarang muncul dengan Raffi Ahmad dan Dico itu merupakan fenomena baru di dalam kompetisi Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Jawa Tengah," kata Teguh seperti dilansi Antara.

Baca juga: KONI Yakini Judo Jateng Bisa Kembalikan Era Emas di PON Aceh-Sumut

Sebab, selama ini tokoh muda hingga kalangan artis melakukan pencalonan di Jawa Tengah sebagai anggota dewan, baik itu untuk DPRD maupun DPR RI.

Dia tak menampik dari aspek kekuatan politik, Raffi memang tak punya basis partai politik, namun memiliki basis kekuatan popularitas, keartisan dan performa.

"Saya kira ini akan menjadi menarik, peta di Jawa Tengah," ujarnya. (Aji)