bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Mantan Wakil Bupati Batola Rahmadian Noor Mendaftar ke Nasdem Jadi Calon Bupati Batola

Anang Fadhilah - Nasional -> Politik
Selasa, 7 Mei 2024 15:02
    Bagikan  
Rahmadian Noor
Calon Bupati Batola 2024

Rahmadian Noor - Ketua DPD Partai Golkar Barito Kuala, Rahmadian Noor, mendaftar sebagai calon Bupati Batola 2024 melalui Partai Nasdem Batola. (ist/heloindonesia)

MARABAHAN, HELOINDONESIA.COM - Meskipun Partai Golkar Batola telah memiliki 12 kursi DPRD dan memiliki kemampuan untuk mencalonkan kader mereka sendiri dalam Pilkada 2024, Ketua DPD Partai Golkar Barito Kuala, Rahmadian Noor, tetap memutuskan untuk mendaftar sebagai calon Bupati Batola 2024 melalui Partai Nasdem Batola.

Pendaftaran Rahmadian Noor sebagai bakal calon bupati di Batola didampingi oleh sejumlah pengurus DPD Partai Golkar Batola pada Selasa (7/5) siang. Berkas tersebut kemudian diterima oleh H. Marli, selaku Ketua Tim Penjaringan DPD Partai Nasdem Batola.

Strategi politik yang diambil oleh Partai Golkar Batola ini cukup mengejutkan. Meskipun mereka adalah pemenang Pemilu 2024 di Batola dengan memperoleh 12 kursi, mereka sebenarnya memiliki hak untuk mencalonkan kandidat mereka sendiri.

"Mungkin Partai Golkar Batola memiliki 12 kursi dan dapat mencalonkan kader sendiri dalam Pilkada 2024 tanpa berkoalisi. Namun, saya pikir mencari mitra akan lebih menguntungkan," kata Rahmadian Noor.

"Seperti ungkapan kuno dari China yang mengatakan bahwa 1.000 teman masih terlalu sedikit, tetapi 1 musuh terlalu banyak. Itulah sebabnya prinsip saya dalam berpolitik adalah semakin banyak teman, semakin baik," tambahnya.

Rahmadian Noor sendiri sudah masuk dalam daftar penjaringan bakal calon kepala daerah yang dilakukan oleh Partai Golkar. Sebelumnya, mantan Wakil Bupati Batola periode 2017/2022 itu juga telah mendapat mandat untuk memenangkan suara Partai Golkar dalam Pemilu 2024 di Bumi Selidah.

Hasilnya sesuai harapan, karena Partai Golkar menjadi pemenang Pemilu 2024 di Batola dengan memperoleh 63.439 suara. Sementara pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang diusung oleh Partai Golkar dan telah disahkan sebagai pemenang, juga meraih suara terbanyak di Batola dengan 112.645 suara.

"Saat ini, tahapannya di DPP Partai Golkar adalah melakukan survei terhadap calon-calon yang telah dijaring. Diperlukan minimal dua tahapan survei sebelum surat rekomendasi dapat dikeluarkan," jelas Rahmadian Noor.

"Saya yakin akan mendapatkan rekomendasi, karena Partai Golkar memiliki aturan organisasi yang menyatakan bahwa selama kader internal masih eksis dan memiliki tingkat elektabilitas yang memadai, maka kader tersebut akan dipilih," tegasnya.

"Kecuali jika partai tidak memiliki calon sendiri, baru akan mencari dari partai lain. Ini juga telah disampaikan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartanto," tambahnya.

Selain Rahmadian Noor, bakal calon lain yang langsung menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal calon bupati ke DPD Partai Nasdem Batola adalah Sugiannor.

"Sebagai kader Partai Nasdem, saya optimis akan mendapatkan kepercayaan. Begitu juga dalam Pilkada 2024. Sebagai putra daerah, saya sudah memahami karakter masyarakat," ungkap Sugiannor.

"Memperhatikan bahwa Partai Nasdem Batola telah meraih 4 kursi dalam Pemilu 2024, selanjutnya saya hanya perlu mencari partai koalisi. Salah satunya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), karena saya memiliki ikatan emosional," tutupnya.

Tags