Helo Indonesia

Cari Cawapresnya Anies Baswedan, Hasil Polling Tunjukkan Sosok Ini Unggul Jauh

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Selasa, 9 Mei 2023 11:20
    Bagikan  
Khofifah dan AHY (Agus Harimurti yudhoyono menjadi calon unggulan bakal cawapresnya Anies Baswedan.
Khofifah dan AHY (Agus Harimurti yudhoyono menjadi

Khofifah dan AHY (Agus Harimurti yudhoyono menjadi calon unggulan bakal cawapresnya Anies Baswedan. - Khofifah dan AHY (Agus Harimurti yudhoyono menjadi calon unggulan bakal cawapresnya Anies Baswedan.

HELOINDONESIA.COM - Satu polling diikuti 28 ribu suara telah digelar untuk mencari bakal cawapresnya Anies Baswedan. Poliing itu mengikutsertakan empat nama-nama yang telah beredar di masyarakat.

Empat nama itu adalah Ahmad Heryawan (Aher), Airlangga Hartarto (Airlangga), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Khofifah Endar Parawansa. Pemilih juga diberi pilhan lain.

Penyelenggara polling tersebut adalah SZ Channel (Saeful Zaman Channel). Polling diadakan selama dua hari,  yakni 7-8 Mei 2023. Saeful Zaman selaku penyelenggara polling mengatakan, pihaknya pendukung Anies Baswedan, dan tidak berminat melakukan polling untuk bakal capres.

Sebab kalau menggelar itu, menurutnya, yang menang pasti Anies Baswedan. Bisa 95 persen Anies yang menang. Makanya, SZ Channel menggelar polling untuk mencari cawapresnya Anies Baswedan, sebagai masukan kepada capres dari Koalisi Perubahan tersebut.

"Kita relawan Anies ya memberikan masukan, Pak Luhut saja memberi masukan, mosok kita kalah," katanya berkelakar.

Setelah waktu tinggal satu jam untuk memberi suara polling ditutup, Saepul Zaman menyatakan, ternyata sudah seperti diduga, siapa yang unggul. Tapi bisa

"Tentu sudah bisa diduga siapa yang terbesar, tapi bukan sekedar itu, seberapa besar keunggulannya sosok yang diunggulkan," kata Saeful Zaman di podcast SZ Channel tersebut.

Dalam pengantar polling, SZ menuliskan sebagai berikut: Sahabat SZ, mari kita menjadi bagian dari yang memberikan masukan untuk Pak Anies Baswedan dalam memilih wakilnya.  Siapa yang Anda pilih menjadi cawapres?

Saeful Zaman pun mengungkap hasil polling bakal cawapresnya Anies Baswedan. Hasilnya sosok yang satu ini unggul jauh dari tiga tokoh lainnya.

"Dan hasilnya, jreeeng, jomplang sekali ini AHY, 72 persen. Ahmad Heryawan 4 persen, Airlangga Hartarto 2 persen, Khofifah Indar Parawansa 17 persen, dan pilihan yang lain 4 persen," kata Saeful Zaman yang juga pendiri Komandan (Komando Pemenangan Anis Baswedan).

Ia memberi kesempatan untuk pilihan lain, dan ternyata suaranya cukup tinggi, yakni 4 persen. Lebih tinggi dari suara yang mendukung Airlangga.

Siapa kalangan pemilih 4 persen itu? Saeful Zaman mengungkapkan, bahwa dia mengaku, yang menjadi pendengar SZ Channel ada yang berasal dari buzser penyusup, pendukung Prabowo, pendukung lainnya.

Tapi dia akan meneliti komentar-komentar yang ada terkait hasil polling tersebut untuk melihat siapa saja yang mendukung 4 persen pilihan lain tersebut.

Pak Ahmad Heryawan, soal kinerja memang luar biasa sukses menjadi Gubernur Jawa Barat, tapi karena Jawa Barat saja, sehingga beda dengan jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dia mengatakan pihaknya ingin berkontribusi untuk Anies Baswedan. "Seboisa-bisa kita turut memberikan andil," katanya. (*)

(Winoto Anung)