bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

PKS Munculkan Cakada Mufti Salim, Bisa Koalisi ke PDIP, Gerindra, Golkar, PKB

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
Minggu, 5 Mei 2024 11:58
    Bagikan  
PILGUB LAMPUNG
Helo Lampung

PILGUB LAMPUNG - Mufti Salim saat sambutan Halal Bihalal DPW PKS Lampung, 2 Mei 2024 (Foto PKS/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- PKS Lampung memunculkan nama calon kepala daerah (cakada) yang diinginkan para kader partainya, yakni Ahmad Mufti Salim dan siap berkoalisi dengan PDIP, Gerindra, Golkar, dan PKB.

Ketua BP3 DPW PKS Lampung Aep Saripudin mengungkapkan munculnya Ahmad Mufti Salim dari jajak pendapat internal. Ketua BPW Sumbagsel DPP PKS Ahmad Junaidi Auly juga mendorong Mufti maju Pilgub 2024.

Dari rilis yang diterima Helo Lampung, Sabtu (4/5/2024), Ketua DPW PKS Lampung itu satu-satunya kader PKS yang suku Jawa yang masuk dalam nominasi bakal calon gubernur Lampung pada Pilgub 2024.

"Pak Mufti yang orang Jawa sedangkan para kandidat lain yang muncul saat ini lebih banyak suku Lampung seperti Arinal Djunaidi, Hanan A. Razak, Rahmat Mirzani Djausal, dan Umar Ahmad," katanya.

Terkait koalisi, Aep menyatakan bahwa kehadiran PKS akan mencukupi untuk berkoalisi dengan satu partai yang sehingga genap 20% untuk bisa mengusung calon gubernur.

PKS bisa berkoalisi dengan PKB, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, atau Partai Golkar. Salah satu partai ini jika berkoalisi dengan PKS mencukupi 20% syarat pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Artinya kandidat dari partai tersebut dapat berpasangan dengan Ahmad Mufti Salim", kata Aep yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bandar Lampung.

Mufti Salim sendiri bukan sosok yang baru dalam perpolitikan di Lampung. Dia dua periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah dengan posisi menjadi wakil ketua DPRD.

Dilanjutkan, dua periode anggota DPRD Provinsi Lampung, serta pernah maju dalam Pilkada Kabupaten Lampung Tengah dan Metro. Sosok Jawa asal Sendang Agung, Lampung Tengah ini pernah menjadi ketua DPD PKS Lampung Tengah dan dua Periode ketua DPW PKS Lampung. (Rls/HBM)

 - 

Tags