bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tokoh Muda di Bursa Pilgub Jateng 2024: Hendi Belum Beri Sinyal, Dico dan Sudaryono Mulai Bersafari

Selasa, 2 April 2024 16:25
    Bagikan  
Tokoh Muda di Bursa Pilgub Jateng 2024: Hendi Belum Beri Sinyal, Dico dan Sudaryono Mulai Bersafari

Searah jarum jam: Hendrar Prihadi, Gus Yusuf, Dico M Ganinduto, Sudaryono

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan, Rabu 27 November 2024 mendatang. Meskipun pendaftaran pasangan calon baru dimulai 27-29 Agustus mendatang, namun bursa bakal calon gubernur Jawa Tengah mulai mengapung ke permukaan.

Kandidat bacalon bahkan mulai terang-terangan mengaku mendapat restu dari dewan pengurus pusat partainya. Ada yang sudah mulai melakukan kunjungan safari politik ke sejumlah daerah untuk menaikkan elektoral.

Yang menarik, dalam bursa bacagub Jateng periode 2024-2029 diwarnai oleh tokoh-tokoh muda. Bahkan, dua diantaranya adalah generasi milenial atau yang lahir pada tahun 1981 hingga 1996, yaitu Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono.

Baca juga: Sabet Bronze Medal Olimpiade Matematika di Cina, Abiraya Dipuji Pj Bupati Temanggung

Lembaga survei pun telah melemparkan hasil survei elektabilitas para calon gubernur. Semisal lembaga survei Archi Research And Strategy Indonesia melakukan survei untuk elektabilitas bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

CEO sekaligus Direktur Eksekutif ARCHI Research & Strategic Mukhradis Hadi Kusuma dalam keterangannya Jumat 29 Maret 2024 lalu, mengatakan survei dilakukan menggunakan metode sampling dari populasi pemilih yang dikelompokkan menurut provinsi dengan responden yang sudah memiliki hak pilih atau berusia lebih dari 17 tahun. Adapun metode pengambilan data yakni telesurvey dengan margin of error 5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Lembaga survei ini menempatkan Kepala LKPP RI yang merupakan mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, memiliki elektabilitas tertinggi dengan 23,21%.

Baca juga: Diworo-woro Cawagubnya Umar, Ridho Langsung Salawatan

Sedangkan nama lain seperti KH Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) berada di peringkat kedua dengan raihan 16,07%, lalu disusul Dico Ganinduto 13,39%, Sudaryono 10.71%, Taj Yasin 7,14%, Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) 6,25%, Sudirman Said 5,36%, dan 17,86% belum menentukan pilihan.
Namun dalam berbagai kesempatan, Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi enggan berkomentar perihal namanya yang disebut sebagai calon terkuat dalam Pilgub Jateng 2024.

Termasuk saat dia menghadiri kegiatan sosialisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah di Kabupaten Kebumen beberapa waktu lalu. Hendi justru belum memberikan sinyal dan menampik bakal maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah.


"Enggak lah, enggak ada, enggak ada," jawab Hendi singkat.

Nyatakan Siap

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyatakan siap berkompetisi pada Pilkada 2024. Bahkan Dico juga terlihat telah melakukan safari politik ke beberapa daerah di Jawa Tengah.

Baca juga: Cara Membuat Lulur Kunyit untuk Mencerahkan Kulit Alami dan Hilangkan Bau Ketiak

Apalagi dia memiliki dua indikator penting yaitu memiliki rekomendasi dan elektabilitas tinggi. Dico mengaku mempunyai peluang sebagai salah satu kandidat dari Partai Golkar untuk maju di Pligub, November mendatang.

Dico sendiri sudah melakukan safari politik ke Blora.

"Kalau melihat dari situasi hari ini saya melihat ada peluang ke sana (Pilgub Jateng). Karena dua indikator penting itu rekomendasi partai di mana Golkar sudah memberi rekomendasi kepada saya. Selain rekomendasi, survei Pilgub di Jawa Tengah ini di mana nama saya masuk tiga besar baik di survei yang beredar maupun di internal yang kita lakukan," terangnya, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin 1 April 2024.

Baca juga: Menikmati Hangatnya Kopi Arab Rempah, Minuman Khas Ramadan di Masjid Layur Semarang

Sementara itu, dikutip dari laman Sudaryono.id, Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sudaryono menyatakan akan maju dalam Pemilihan Gubernur 2024. Hal itu menyambut dukungan masyarakat dan dorongan dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

“Dengan adanya dukungan ini kan saya harus menjawab saya bersedia atau tidak bersedia. Ya saya sampaikan kepada teman-teman bahwa saya bersedia alasannya dua. Pertama memang animo dari teman-teman besar, itu mendorong saya. Kedua memang Pak Prabowo sudah titah, perintah kepada saya untuk maju di Pilgub di Jawa Tengah ini,” katanya.

Sudaryono atau akrab disapa Mas Dar ini menyebut dukungan terutama datang dari kader Gerindra. Selain itu, banyak kader yang memberi dukungan dengan membuat desain dirinya sebagai calon gubernur.

Baca juga: Perbedaan Uang 100 Ribu Asli dan Palsu

Sejauh ini Mas Dar sudah bersafari dengan mengunjugi posko Tani Merdeka di Dukuh Nglundu, Desa Denggungan, Kecamatan Banyudono, Boyolali pada 24 Maret lalu.

Ketua DPW PKB Jateng Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf juga menyatakan kesiapannya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Jateng. Saat ini, PKB sedang menjajaki koalisi dengan partai lain.

“Sebagai kader saya siap (maju Pilkada Jateng). Kalau perintah DPP maju, ya, bismillah. Kalaupun ada pertimbangan lain (sehingga tidak jadi maju) demi kemaslahatan Jawa Tengah, PKB, saya pun juga siap,” kata Gus Yusuf dalam keterangannya, 29 Maret 2024 lalu, seperti dikutip dari kompas.com. (Aji)