Helo Indonesia

Tiga Srikandi dari Dapil Jateng Lolos ke Senayan dengan Suara Tertinggi, Salah Satunya Curi Perhatian

Rabu, 13 Maret 2024 07:43
    Bagikan  
Tiga Srikandi dari Dapil Jateng Lolos ke Senayan dengan Suara Tertinggi, Salah Satunya Curi Perhatian

Puan Maharani, Shanty Alda Nathalia, Novita Wijayanti

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Hasil pleno rekapitulasi dan perhitungan suara hasil Pemilu 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah di Semarang pada Sabtu 9 Maret 2024 lalu, terungkap nama 10 besar calon legislatif DPR RI yang meraih suara terbanyak dari Dapil Jateng.

Sejumlah tokoh nasional yang berpeluang besar lolos mengisi kursi di Senayan periode 2024-2029 terdapat nama Ketua DPR RI Puan Maharani dari PDIP dan Sekretaris TKN Prabowo Gibran Nusron Wahid (Partai Golkar). Keduanya bertengger di tiga besar teratas dengan capaian suara terbanyak di Jateng.

Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani menang telak dengan menempati peringkat pertama dengan 297.366 suara di Dapil Jawa Tengah V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

Baca juga: Derby Jatim Menjadi Ambisi Madura United Membantai Persebaya untuk Naik Peringkat, Meski Dibayangi Persik Kediri

Sedangkan urutan kedua diraih peraih suara tertinggi di Dapil Jateng I (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, Salatiga) yaitu politisi PDIP lainnya yaitu Mochammad Herviano dengan 230.113 suara. Perolehan suara putra Kepala BIN Budi Gunawan ini naik dibanding tahun Pileg 2019 yang memperoleh 113.009 suara.

Selain Puan, ada dua srikandi yang masuk 10 besar perolehan suara tertinggi di Dapil Jateng, yaitu Shanty Alda Nathalia dari PDIP pada posisi keempat dan petahana Novita Wijayanti (Gerindra) di ranking ketujuh.

Shanty menguasai Dapil Jateng IX (Brebes, Tegal, Kota Tegal) dengan mendapatkan suara 196.355 suara. Sedangkan Novita berjaya di Dapil Jateng VIII (Banyumas dan Cilacap) dengan raihan 163.920 suara. Raihan Novita naik dibanding pileg 2019 yang saat itu meraih 89.074 suara.

Adapun pada peringkat ke-5 diraih oleh pedangdut era 1990-an Ashraff ''Sharmilla'' Abu dari Partai Golkar di Dapil Jawa Tengah X (Batang, Pemalang, Pekalongan, Kota Pekalongan) dengan 177.456 suara.

Meroketnya nama Shanty memang mencuri perhatian karena latar belakangnya yang bukan politisi, tapi pengusaha.

Baca juga: Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang Timpa Rumah di Bobotsari, Polisi Bantu Evakuasi

Menurut pengamat Politik, Ujang Komarudin ada berbagai faktor yang bisa membuat perolehan suara caleg tinggi, Termasuk yang dialami oleh Shanty yang mendapatkan suara tertinggi.

"Kita cek dulu background-nya dia, apakah anak pengusaha atau anaknya pejabat. Itu kalau suara paling tinggi ada banyak faktor,” kata Ujang seperti dinukil dari wartakota, pada Senin, 11 Maret 2024.

Kekuatan Uang

Selain itu, Ujang juga melihat faktor lain bahwa Shanty bisa jadi melakukan kampanye dengan maksimal sehingga dapat meraup suara tertinggi pada Pemilu Legislatif 2024 di Jawa Tengah IX.

“Faktor lainnya bisa jadi investasi politik, mungkin kampanyenya habis-habisan dengan total dan dia sudah siap untuk menang. Faktor turun langsung dan sebagainya. Kalau kita bicara suara tinggi banyak faktornya, tapi kemungkinan besar faktor kekuatan uang untuk kampanye dan sebagainya,” tegas Ujang.

Baca juga: Ramalan Zodiak 13 Maret 2024, 4 Zodiak Paling Beruntung


Sementara itu, peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menyoroti fenomena lolosnya Shanty Alda Nathalia sebagai caleg DPR RI dengan suara tertinggi di Dapil IX. Dia justru tidak heran dengan lolosnya Shanty, pasalnya melihat latar belakangnya sebagai pengusaha.

"Buat saya sih melihat profilnya, ya enggak mengagetkan banget kalau akhirnya bisa meraih suara terbanyak di Dapil Jateng IX. Selama ini memang banyak pengusaha yang sukses meraih kursi di parlemen, ini bukan hal baru," ujarnya dikutip dari rri.co.id, Senin 11 Maret 2024.

Menurut dia, seorang pengusaha jelas berhitung betul soal untung rugi jika hendak maju dalam kontestasi Pemilu Legislatif DPR RI 2024. Dengan kekuatan modal mereka, kata dia, sangat mudah untuk menebaknya.

"Ya saya kira mudah juga untuk menebak apa yang dilakukan pengusaha dengan kekuatan modal mereka. Seorang pengusaha jelas berhitung betul soal untung rugi," imbuhnya.

Daftar 10 Besar Peraih Suara Tertinggi Caleg DPRI RI 2024-2029 dari Dapil Jateng:

1. Puan Maharani 297.366 suara (Dari PDIP di Jateng V)

2. Mochamad Herviano Widyatama 230.113 suara (PDIP/ Jateng I)

3. Nusron Wahid 204.248 suara (Partai Golkar/ Jateng II)

4. Shanty Alda Natalia 196.355 suara (PDIP/ Jateng IX)

5. Ashraff Abu 177.436 suara (Partai Golkar/ Jateng X)

6. Sudjadi 169.106 suara (PDIP/ Jateng VI)

7. Novita Wijayanti 163.920 suara (Gerindra Jateng VIII).

8. Doni Akbar 154.476 suara (Partai Golkar /Jateng X)

9. Adik Sasongko 142.405 suara (Gerindra/ Jateng V).

10. Haryanto 135.08 suara (PDIP/ Jateng III)

(Aji)