Helo Indonesia

Capres Ganjar Pranowo Minta Masukan Disabilitas untuk Mendapatkan Kesetaraan

Minggu, 11 Februari 2024 15:32
    Bagikan  
Capres Ganjar Pranowo Minta Masukan Disabilitas untuk Mendapatkan Kesetaraan

HAJATAN RAKYAT: Capres Ganjar Pranowo saat berinteraksi dengan kaum disabilitas pada Hajatan Rakyat di Lapangan Simpang Lima, Semarang. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM- Calon presiden (Capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo menegaskan akan memprioritaskan keterlibatan disabilitas, perempuan dan anak-anak dalam menentukan arah kebijakan pemerintah. Hal itu disampaikan di hadapan ratusan ribu pendukungnya dalam acara Hajatan Rakyat di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang, Sabtu (10/2/2024).

Komitmen Ganjar bukanlah sekadar janji belaka. Sebab, upaya itu telah dilakukannya sejak masih menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode. Pada Hajatan Rakyat tersebut, Ganjar yang didampingi Mahfud MD bahkan mengajak perwakilan disabilitas naik panggung untuk menyampaikan aspirasinya.

“Saya sepuluh tahun menjadi Gubernur di Jawa Tengah selalu meminta masukan akses disablibitas agar mendapatkan kesetaraan,” katanya. Bukan hanya diskusi secara terbatas, Ganjar melibatkan langsung disabilitas, perempuan dan anak-anak dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang).

“Maka tiap musrenbang kelompok disabilitas, perempuan dan anak-anak menjadi kelompok pertama yang menyampaikan pendapat,” tegasnya.

Rambut Putih

Dalam kesempatan itu, capres berambut putih itu mengungkapkan rasa cintanya kepada tiga kelompok tersebut dengan bahasa isyarat. “Dan saya diajari kelompok tuli diajari menyampaikan I Love You memakai bahasa isyarat,” tuturnya sambil mengisyaratkan jarinya.

Sementara itu, Yuktiasih Proborini, perwakilan disabilitas mengatakan bahwa jika Indonesia ingin maju, dibutuhkan pemimimpin yang mempunyai kepedulian terhadap kaum disabilitas seperti Ganjar Pranowo.

“Kami ingin Pak Ganjar dan Pak Mahfud memperhatikan kaum disabilitas. Jadi, kalau mau maju harus memperhatikan disabilitas,” tandasnya. (ADE)